Mengenal HyperLink pada InDesign

13/03/2017    Raditya Noveraldo    1931     Desain

Yang kita ketahui pada saat ini adalah kebutuhan akan informasi makin cepat dan banyak ditambah lagi dengan makin banyaknya social media yang kita ketahui, dimana para penggunanya saling bertukar informasi melalui link link artikel yang mereka share.

 

Makin banyaknya kebutuhan share link inilah yang bisa kita manfaatkan dalam desain desain kita khususnya ketika kita membuat majalah elektronik atau e-magazine dan sering di sebut juga e-book. Sehingga nanti di dalam e-book yang kita buat akan terdapat link yang dapat di click.

 

Dan pembuatan design E-book ini pasti tidak lepas dari Software besutan Adobe yang berguna untuk pembuatan layouting yaitu Adobe Indesign. Sebelum kalian belajar bagaimana cara menambahkan link pada indesign pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang Mengenal HyperLink pada Adobe InDesign dengan mudah dan cepat.

 

Baca juga :

Cara menambahkan Hyperlink di InDesign

 

Hyperlink sudah sangat kita ketahui sebelumnya pada aplikasi seperti Microsoft Office yaitu Microsoft Word. Pada Adobe Indesign sebenernya tidak jauh berbeda namun lebih mudah saja untuk pengaturannya.

 

Hyperlink merupakan text atau kalimat yang kita sisipkan sebuah link sehingga dapat terhubung dengan mengklik tersebut. Cara mengaktifkan hyperlink pada Indesign terlebih dahulu kalian clok kata atau kalimat yang ingin kalian sisipkan link kemudian klik Type > Hypelinks > New Hyperlink… maka akan muncul windows seperti berikut :

Mengenal HyperLink pada InDesign

Tapi pada kesempatan ini saya akan lebih mendalam tentang kolom Link to atau kolom tujuan linknya karena memang ada beberapa jenis atau pilihan yang bisa kita pilih untuk menjadi tujuan link nantinya.

Mengenal HyperLink pada InDesign

Pada kolom link to ini terdapat seperti url hingga page berikut saya jelaskan:

  • URL : opsi ini untuk menyisipkan link internet pada teks sehingga akan membuka browser untuk mengakses link tersebut.
  • File : opsi ini untuk menyisipkan link lokasi file pada teks sehingga akan membuka file seperti di Ms.Word. tapi pastikan file yang kita sisipkan juga terdapat pada device yang sama dan lokasinya tidak berubah.
  • Email : opsi ini untuk menyisipkan link Email pada teks sehingga ketika di klik akan bertujuan untuk mengirim sebuah email dengan tujuan email yang disisipkan.
  • Page : opsi ini untuik menyisipkan link halaman atau page pada teks sehingga akan mendirect secara langsung kehalaman yang dituju pada file yang sama.
  • Text Anchor : Opsi ini seperti link to gabungan dari file dan page namun langsung menuju text yang kita tuju.
  • Shared Destination : opsi ini adalah gabungan antara pilihan link to URL, File, dan juga Email. Jika kalian perhatikan saat pemilihan url, file dan juga email ada kotak shared destination.

Semoga dengan Mengenal HyperLink pada Adobe InDesign dengan mudah dan cepat. Kalian dapat dengan mudah membagikan link link yang berguna buat yang lainnya. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih :).

Indesign

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More