Mengenal Googlebot, Mesin Crawler Web Dari Google

Bagaimana website Anda bisa terlihat diraksasa mesin pencari Google? jawabannya karna web Anda sudah berhasil di crawler oleh Googlebot.

Apakah Anda sudah mengetahui jika Anda tidak melakukan sesuatu yang membuat sicrawler Google menghampiri website Anda, maka situs Anda akan lama terindeks atau muncul di pencarian.

Lalu, Bagaimana Cara Supaya Googlebot Bisa Mengakes Situs Anda?

Mungkin sebagian dari Anda hanya sekedar membuat website, dan membuat atikel atau konten yang menarik tetapi mengabaikan proses crawl.

Padahal jika ini terjadi, web Anda bisa terindex dalam jangka waktu lebih dari 1 bulan. Anda bayangkan jika membuat website berita yang lagi viral, tentu detik itu juga ingin langsung tampil dipencarian. Tidak hanya itu, ini juga akan menjadi faktor SEO yang buruk.

Caranya bagaimana? caranya simple, cukup daftarkan situs Anda ke Google Search Console >> Submit Sitemap. Dan setiap selesai membuat artikel blog jangan lupa submit dengan menggunakan opsi inspeksi url.

Mengenal Googlebot

Bebeberapa blogger tidak menginginkan semua page atau url diindex oleh Google, maka Anda bisa memblokir dengan menggunakan file robot.txt untuk mencegah Googlebot datang mengcrawler web Anda.

Note : Tingkat crawling setiap website berbeda, ada yang beberapa menit sekali dan juga ada yang bebepa hari sekali. Ini terjadi karena Googlebot sudah mempelajari periode publish konten Anda sebelumnya. Namun jika terlalu seringnya Googlebot mengunjungi web Anda membuat performa website Anda terganggu maka Anda dapat meminta perubahan kecepatan crawling.

14 Mei 2020

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat