Mengenal Golden Ratio dalam Design Grafis

19/07/2016    Raditya Noveraldo    41397     Desain

Golden ratio, yang secara harfiah diterjemahkan sebagai “rasio emas” (emas di sini maksudnya seperti emas dalam “kesempatan emas”), merupakan sebuah angka yang sangat spesial dalam matematika. Golden ratio adalah bilangan irasional yang nilainya mendekati 1,618. Golden ratio biasanya disimbolkan dengan huruf Yunani φ. Angka ini sering muncul dalam konsep geometri, seni, arsitektur, hingga struktur makhluk hidup.

 

Hubungan Golden Ratio dengan Deret Fibonacci

 

Ada hubungan yang menarik antara golden ratio dengan deret Fibonacci. Kita tahu bahwa deret Fibonacci diperoleh dengan menjumlahkan dua bilangan terdekat untuk memperoleh barisan bilangan berikutnya, seperti pada contoh berikut ini:

0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946... 

Nah, hal yang menarik adalah, jika kita ambil dua angka berturutan dalam deret Fibonacci, perbandingan kedua angka tersebut jika dilakukan secara berurutan untuk angka-angka berikutnya akan sangat dekat dengan golden ratio.

 

Hubungan Golden Ratio dalam Bidang Design

 

Mendesain Logo dengan Golden Ratio.

Tanpa kita sadari ternyata beberapa logo perusahaan maupun produk internasional ini didesain dengan menerapkan golden ratio, antaranya adalah:

 

-        Logo Apple

Dari gambar diatas jelas terlihat bahwa logo Apple terbuat dari beberapa lingkaran dengan perbandingan diameter 1, 2, 3, 5, 8, dan 13

 

Masih banyak logo-logo seperti Logo Pepsi, Logo Toyota, Logo National Geographic ataupun desain yang menggunakan golden ratio, tapi bukan berarti suatu keharusan untuk membuat desain menggunakan ini, memang lebih baik jika menggunakan unsur golden ratio. Ini pilihan untuk cara mendesain silahkan anda gunakan cara ini.

 

Pelajari dengan matang-matang tentang Golden Ratio ini, jika kalian ingin menjadi seniman terutamanya, semua bidang seni akan berhubungan dengan ratio emas ini. Sekian artikel kali ini. Tetap nantikan artikel-artikel selanjutnya hanya di dumetschool.com terimaksih J

No data.

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More