Mengenal Figma, Fitur, dan Keunggulannya

Mengenal Figma, Fitur, dan Keunggulannya - Saat ini, Figma menjadi salah satu tools untuk membuat desain yang cukup populer. Terbaik dalam pembuatan UI/UX, Figma juga ternyata bisa digunakan untuk membuat desain lainnya! Penggunaannya yang mudah dan dapat diakses dimana saja membuat Figma memiliki banyak pengguna dari kalangan UI/UX designer maupun graphic designer.
Untuk kamu yang tertarik dengan dunia desain grafis dan UI/UX wajib mencoba Figma untuk membuat desain andalanmu. Tapi, sebelumnya, apa sih sebenarnya Figma itu dan kenapa ya ada banyak designer yang menggunakannya? Mari kita bahas mengenai Figma, fitur yang ada di dalamnya dan juga keunggulannya.

Apa Itu Figma?

Mengenal Figma, Fitur, dan Keunggulannya
Figma merupakan sebuah tools desain kolaboratif yang unggul dalam pembuatan desain UI atau antarmuka pengguna dan bisa diakses secara online. Jadi, Figma dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Selain itu, kita juga dapat langsung berkolaborasi untuk membuat desain dengan tim yang mungkin berlokasi jauh secara bersamaan.
Semua orang yang terlibat dalam tim dapat melihat dan mengedit desain secara real-time sehingga dapat membuat proses kerja menjadi lebih efisien.
Desain yang dapat dibuat di Figma sangat beragam. Meskipun spesialisasi mereka adalah untuk desain UI/UX, namun kita juga dapat membuat berbagai jenis desain lainnya seperti desain grafis untuk poster, brosur, banner, dan lain-lain. Dapat membuat logo, presentasi, wireframe, dan lain-lain.

Fitur dan Keunggulan Figma

Mengenal Figma, Fitur, dan Keunggulannya
Figma juga memiliki banyak fitur dan keunggulan yang dapat digunakan dan dirasakan oleh penggunanya. Berikut ini adalah beberapa fitur dan keunggulan Figma yang harus kamu ketahui:
1. Kolaboratif Secara Real-Time
Keunggulan berikut ini sudah disebutkan sebelumnya, bahwa Figma memiliki fitur untuk mengedit desain secara real-time bersama dengan tim. Jadi, kita juga dapat melihat apa yang sedang teman satu tim kita lakukan. Hal ini dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efisien dan seru, bukan? Selain itu, kita juga dapat memberikan komentar dan review untuk desain mereka buat.
2. Platform Online
Selain mengaksesnya dengan menggunakan aplikasi desktop maupun mobile, Figma juga dapat diakses dimana saja karena berbasis web. Untuk membuat desain, kita tidak perlu melakukan instalasi software yang berat. Cukup akses Figma di browser dan kita sudah dapat langsung menggunakannya.
3. Prototyping yang Mudah
Tidak hanya untuk membuat desain yang statis saja, Figma juga bisa membuat prototyping dengan mudah. Jadi, kita dapat melihat bagaimana sih interaksi antar elemen pada desain yang sudah dibuat? Hal ini sangat penting karena kita dapat mengecek pengalaman pengguna (UX) saat sedang mengakses aplikasi atau website yang layout-nya kita buat.
4. Komponen yang Dapat Digunakan Ulang
Dengan adanya fitur komponen, kita dapat membuat elemen desain seperti warna, jenis font, ukuran text, padding, margin dan lain-lain yang bisa dipakai berulang kali. Tentunya hal ini dapat membantu kita agar lebih menghemat waktu dan membuat desain jadi terlihat lebih konsisten.
5. Developer Mode
Dalam Figma, ada fitur Dev Mode dimana kita dapat dengan mudah mengubah desain yang dibuat, terutama untuk desain layout website atau aplikasi, menjadi sebuah coding. Sangat bermanfaat juga untuk Developer, bukan?
6. Terintegrasi dengan Banyak Platform Lain
Kita dapat menghubungkan file di Figma dengan tools atau platform lainnya seperti Google Workspace, Visual Studio Code, Gitlab, Microsoft Teams, Zoom, Notion, Slack, Dropbox, Trello, dan lain-lain. Ini dapat membuat file desain kita tetap terorganisir dan efisien.
7. Responsive Auto-Layout
Dengan adanya fitur ini, kita dapat membuat pengaturan elemen di dalam frame menjadi lebih mudah. Hal ini dapat membantu dalam membuat desain layout yang responsive yang dapat menyesuaikan dengan ukuran layar. Jadi, kita tidak perlu lagi membuat layout secara manual untuk menyesuaikannya dengan berbagai macam ukuran layar.
Selain ketujuh fitur dan keunggulan yang disebutkan, Figma juga masih memiliki segudang fitur bermanfaat yang dapat digunakan. Lihat lebih lengkap dan detail mengenai fitur Figma di halaman website Figma ya!

Belajar Figma

Mengenal Figma, Fitur, dan Keunggulannya
Jika kamu ingin menguasai Figma dan dunia desain UI, kami di DUMET School menyediakan paket Kursus UI Figma. Tidak hanya belajar teori saja, tapi kamu akan langsung praktek membuat desain menggunakan Figma. Tenang saja, kamu akan dibimbing oleh instruktur yang memang sudah expert dan berpengalaman dalam bidang desain.
Segera hubungi Tim Admin Kami untuk informasi yang lebih lengkap dan detail mengenai Kursus UI Figma!

Kesimpulan

Figma adalah tools desain kolaboratif untuk membuat desain UI/UX dan desain lainnya. Figma memiliki banyak fitur dan keunggulan yang membuatnya sangat layak untuk dicoba karena keefisienannya. Jika ingin belajar dan mengusai Figma, DUMET School menyediakan paket Kursus UI Figma yang memberikan materi untuk praktek secara langsung dengan instruktur yang expert di bidangnya.
Semoga artikel Mengenal Figma, Fitur, dan Keunggulannya ini bermanfaat dan dapat memberikan pengetahuan baru ya! Sampai jumpa di artikel yang selanjutnya :)
23 Januari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat