Mengenal Bleed pada Adobe Indesign dan Illustrator

Halo semuanya berjumpa lagi dengan saya dan kali ini kita akan mempelajari sesuatu yang menarik lagi pada dunia desain khususnya pada software pendukungnya seperti Adobe. Sebagain besar designer di dunia ini pasti harus mengerti tentang software minimal seperti Adobe Illustrator dan Adobe InDesign.

 

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan membagiakan kepada kalian Tips & Trik seputar Adobe Illustrator dan Adobe Indesign khususnya tentang materi apa itu Bleed di kedua software tersebut. Mengenal Bleed pada Adobe Indesign dan Illustrator dengan cepat dan mudah sangat penting untuk kalian para designer. Jadi silahkan perhatikan artikel berikut ini :

 

Mengenal Bleed pada Adobe Indesign dan Illustrator dengan cepat dan mudah. Sebelumnya kalian harus mengetahui apa itu Bleed khusunya pada Adobe Illustrator dan Adobe InDesign. Pada dua software tersebut sebenarnya Bleed fungsinya tetap sama.

 

Bleed adalah area tambahan diluar ukuran dari sebuah halaman atau artboard, bleed standartnya memiliki ukuran tidak lebih dari 3 mm. Jika Anda ingin membuatnya lebih dari 3 mm atau kurang itu terserah teman teman semua, tetapi yang jelas dari percetakan area tambahan 3 mm dirasa sudah cukup untuk sebuah bleed.

 

Bleed ini sendiri memang digunakan untuk mempermudah pada saat pemotongan desain setelah di cetak. Tidak akan berefek pada saat mendesign.

 

Cara memasukan bleed pada Adobe Illustrator dan Adobe InDesign adalah saat pertama membuat file new seperti gambar berikut :

Pada Adobe InDesign

Mengenal Bleed pada Adobe Indesign dan Illustrator

Dan pada Adobe Illustrator

Mengenal Bleed pada Adobe Indesign dan Illustrator

 

Gimana sudah Mengenal Bleed pada Adobe Indesign dan Illustrator dengan baik ? yang perlu kalian ketahui adalah fitur ini sangat meminimalisir humar error saat percetakan dan memperrapi hasil cetakan kalian, sehingga kalian cukup harus benar benar paham untuk factor kecil ini.

 

Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya seputar design, website, dan dunia teknologi lainnya hanya di dumetschool.com saja. Semoga bermanfaat Mengenal Bleed pada Adobe Indesign dan Illustrator. Sampai jumpa dan terimakasih :).

9 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat