Mengedit Gambar Menjadi Lebih Menarik

14/01/2021    Indah Puspitasari    174     Desain

Adobe Photoshop pada awalnya dikembangkan pada tahun 1987 oleh Thomas dan John Knoll, dan kemudian Adobe Systems Inc. membeli lisensi untuk mendistribusikan pada tahun 1988. Thomas, yang saat itu bersekolah untuk PhD di University of Michigan, menulis program pada Macintosh Plus miliknya yang pada dasarnya menampilkan gambar di layar dan menyebutnya Display. Saudaranya John, seorang karyawan di industri Light & Magic, meyakinkannya untuk membuatnya menjadi program lengkap. Mereka mulai berkolaborasi dan akhirnya menyebutnya Photoshop, karena ImagePro sudah diambil. Mereka membuat kesepakatan jangka pendek dengan Barneyscan, produsen pemindai, untuk mendistribusikan salinan program dengan pemindai slide yang mereka jual; Photoshop mengirimkan 200 salinan dengan cara ini.

John akhirnya melakukan demonstrasi ke Apple dan Russell Brown, yang saat itu menjadi direktur seni di Adobe. Adobe memutuskan untuk membeli lisensi untuk mendistribusikan pada tahun 1988. Photoshop 1.0 dirilis pada 19 Februari 1990 dan eksklusif untuk Macintosh. Setiap rilis Photoshop ditingkatkan dari yang terakhir, dan dengan cepat menjadi standar dalam pengeditan foto digital.

Photoshop dirancang khusus untuk memungkinkan pengguna membuat dan mengedit gambar bitmap dalam beberapa lapisan. Overlay atau lapisan ini dapat mendukung transparansi dan juga dapat bertindak sebagai topeng atau filter yang dapat mengubah gambar dasar pada lapisan di bawahnya. Bayangan dan efek lain seperti pengomposisian alfa dapat diterapkan. Dimungkinkan juga untuk menerapkan beberapa model warna pada lapisan ini - CMYK, RGB, Warna Titik, dan ruang warna Duotone dan Lap.

Nah itu dia sejarah tentang photoshop. Kali ini kita akan mengedit gambar dengan Adobe Photoshop agar terlihat menjadi lebih menarik lagi. Yuk langsung saja yah.

Pertama disini saya mempunyai sebuah gambar wanita yang ingin saya buat lebih menarik lagi. Untuk gambar bebas yah bisa menggunakan gambar apa saja.

Mengedit-Gambar-Menjadi-Lebih-Menarik-130121-indah-01

Kemudian Copy > Paste Lalu besarkan sesuai dengan ukuran canvas.

Mengedit-Gambar-Menjadi-Lebih-Menarik-130121-indah-02

Untuk gambar bagian belakang akan diberikan efek blur dengan klik menu Filter >Blur > Gaussian Blur.

Mengedit-Gambar-Menjadi-Lebih-Menarik-130121-indah-03

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Mengedit-Gambar-Menjadi-Lebih-Menarik-130121-indah-04

Kemudian saya akan membuat objek dengan menggunakan rectangle tool. Buat objek seperti gambar dibawah ini.

Mengedit-Gambar-Menjadi-Lebih-Menarik-130121-indah-05

Kemudian Clipping Mask Gambar sehingga akan masuk kedalam objek kotak yang telah dibuat tadi.

Mengedit-Gambar-Menjadi-Lebih-Menarik-130121-indah-06

Kemudian langkah selanjutnya adalah memberi efek Photo Filter, lalu akan muncul pengaturannya seperti gambar dibawah ini. Atur pada bagian densitynya.

Mengedit-Gambar-Menjadi-Lebih-Menarik-130121-indah-07

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Mengedit-Gambar-Menjadi-Lebih-Menarik-130121-indah-08

Bagaimana teman - teman mudah bukan cara membuatnya. Semoga ilmu teman - teman tentang desain semakin bertambah yah. Selamat mencoba dirumah dan semoga bermanfaat.

 

Photoshop

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More