Mengatur PHP Untuk Dapat Upload File Lebih Dari 2MB

27/09/2019    Shelli Ripati    67     Website

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara Mengatur PHP Untuk Dapat Upload File Lebih Dari 2MB. Dimana pada dasarnya ketika kita menginstal xampp maka localhost yang kita pakai memiliki batasan default 2MB untuk melakukan upload file dan juga ada batas waktu maksimal untuk melakukan eksekusinya. Disitulah kadang ketika kita membuat script PHP untuk upload data namun masih terjadi error karena ukuran file terlalu besar. Namun teman-teman tidak perlu panik, kita bisa mengaturnya dengan mencari file php.ini yang berada didalam folder installed xampp teman-teman seperti pada gambar dibawah ini.

directory : xampp -> php -> php.ini

Jika sudah ketemu filenya, maka teman-teman buka dan kemudian ctrl+f untuk mencari parameter dari upload_max_filesize seperti pada gambar di bawah ini.

Teman-teman bisa ubah default upload_max_filesize yang 20M menjadi 1.000M atau sesuai yang teman-teman butuhkan. Untuk 1.000M berarti sama dengan 1GB.

Langkah kedua teman-teman ctrl+f lagi untuk mencari memory_limit setelah itu teman-teman juga bisa mengubah memory_limit dimana pada parameter ini berfungsi untuk memberi nilai maksimum php untuk dapat memproses script, biasanya proses upload file yang lebih besar pasti membutuhkan waktu dan memory lebih besar juga. Jika teman-teman tidak mau menggunakan batasan memory teman-teman bisa mengisinya dengan nilai –1.

Tahap selanjutnya ubah juga  parameter post_max_size yang ada di file php.ini. Maksimal ukuran file yang diposting sesuaikan setting post_max_size lebih besar dari upload_max_filesize karena akan mempengaruhi juga ukuran dari file transfer. Jika teman-teman menggunakan setting memory_limit maka nilai dari memory_limit harus lebih besar dari post_max_size.

Jika ketiga parameter itu sudah di ubah maka teman-teman simpan dan kemudian restart terlebih dahulu aplikasi XAMPPnya. Setelah sudah di restart, maka teman-teman sudah bisa melakukan uplaod file atau gambar dengan ukuran yang besar yang sesuai yang teman-teman inginkan.

Demikian artikel tentang cara Mengatur PHP Untuk Dapat Upload File Lebih Dari 2MB. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More