Mengapa Aplikasi Tidak Ditemukan di Google Play Store?

 

Hallo teman-teman, bagi kalian yang menggunakan device android baik itu tablet ataupun smartphone pasti kalian pernah mengunjungi atau membuka aplikasi Google Play Store. Yang pastinya jika kalian ingin mendownload aplikasi pastinya kalian akan membuka play store.

Namun pernahkah kalian mencari aplikasi atau game tertentu untuk di download tapi ternyata tidak bisa, padahal di smartphone teman atau tablet teman anda tersedia. Kira kira apa sih penyebabnya?

 

1.       Aplikasi Tidak Tersedia di Lokasi Anda

Ya ini adalah salah satu kebijakan yang ada di google playstore, jika kalian adalah seorang developer atau pernah mengupload sebuah aplikasi maka ada ketentuan yang akan ditanyakan tentang Negara atau wilayah mana sajakah yang bisa melihat dan menemukan aplikasi anda.

 

2.       Aplikasi Tidak Compatible dengan Perangkat Anda

Ada juga beberapa aplikasi yang memang ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi tertentu, misalnya saja, aplikasi BBM, dahulu saat pertama release aplikasi BBM Messenger di Google play hanya perangkat dengan OS diatas Android 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang dapat mendownliadnya. Sehingga ketika pengguna OS Android 2.3.6 (Gingerbread) mencari aplikasi bbm di playstore maka tidak akan menemukannya. Dan akhirnya sekarang BBM juga bisa didownload oleh pengguna Android 2.3.6 dengan tampilan yang berbeda dari versi terbarunya.

 

3.       Aplikasi dalam Perjalanan

Ketika aplikasi Android sudah direncanakan release pada waktu tertentu namun masih dalam proses release, missal aplikasi utama diupload untuk regional Amerika Serikat dan Eropa, kemungkinan besar aplikasi akan tersedia di Indonesia dalam beberapa hari atau minggu kedepannya.

 

4.       Aplikasi Dikeluarkan dari Playstore

Nahh, kasus ini sepertinya memang masuk dalam kategori pelanggaran karena kemungkinan aplikasi yang ada sebelumnya melanggar kebijakan dari google sehingga pihak google terpaksa menghapus aplikasi tersebut.

 

5.       Aplikasi memang tidak ada

Kemungkinan ini hanya terjadi apabila developer aplikasi memang tidak membuat untuk platform android, contoh ada beberapa aplikasi tertentu yang ada di App Store iPhone dan Soere Windows Phone tidak ada di playstore. Atau mungkin sebelumnya ada, tapi telah dihapus oleh developernya sendiri.

Nahh kawan-kawan, bagaimana artikel kali ini? Jadi saya harap kalian bisa menanggapi dengan bijak atas tidak ditemukannya aplikasi yang kalian cari di playstore ya. Demikian artikel tentang Mengapa aplikasi tidak ditemukan di google play. Semoga Bermanfaat

30 Juli 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat