Mengantuk Saat Sedang Bekerja? Begini Cara Mengatasinya

30/04/2017    Dwi Rachmawati    1254     Artikel Bebas

Mengantuk Saat Sedang Bekerja? Begini Cara Mengatasinya - Mengantuk adalah salah satu hal yang sudah biasa terjadi pada manusia. umumnya, mereka mereka merasa mengantuk ketika kekurangan istirahat. Waktu yang dibutuhkan untuk istirahat oleh manusia adalah 8 jam per harinya. Jadi bagaimana bagi pekerja yang harus lembur menyelesaikan deadline dari atasan? Hmm, mau tidak mau mereka harus mengurangi jam istirahatnya.

Pernah ngantuk tidak? Hehe, pasti pernah dong. Saya juga pernah dan memang tidak bisa dipaksakan untuk tetap bekerja. Lalu apa yang bisa dilakukan ketika ada banyak pekerjaan sedangkan kita mengantuk? Berikut adalah cara yang bisa dilakukan :

1. Wudhu

Bagi sebagian orang muslim, mungkin Wudhu bisa dijadikan sebagai langkah untuk menghindari rasa kantuk. Karena dengan ber-Wudhu kalian akan membasuh organ-organ tubuh yang menyebabkan rasa kantuk seperti wajah, telinga, rambut, leher bagian belakang, tangan ataupun kaki. Jika mengantuk di pagi menjelang siang hari, kalian bisa mempergunakan waktu 10 menit untuk melakukan sholat dhuha. Sehingga kalian akan merasa segar kembali.

2. Strecthing

Melakukan peregangan ketika sedang mengantuk juga salah satu cara untuk menghilangkan rasa kantuk. Waktu sekolah dulu, kalian pernah senam bukan? Masih ingat tidak gerakannya? Bukan hanya jalan ditempat ya hehe, tapi kalian bisa melakukan peregangan untuk otot di tangan, leher maupun kaki. Setelah melakukan peregangan coba untuk cuci muka kalian, dijamin ngantuk bisa hilang dan kalian bisa fokus lagi untuk bekerja.

3. Bergerak

Kedua cara tadi sudah kalian lakukan tetapi belum mempan? Mungkin cara terakhir ini bisa membantu kalian ya. Coba untuk bergerak dengan berjalan ke pantry untuk menyeduh teh atau kopi, bergerak ke taman, ke tempat fotocopy atau bermain ke meja kerja teman (jangan diganggu kalau mereka sedang fokus bekerja ya hehe). Dengan bergerak kalian dapat membuat kaki mendapatkan aktivitas, jadi jangan hanya bekerja dengan tangan saja ya (mengetik) kaki juga harus diajak bekerja supaya tidak iri hehe. Ketika sudah merasa benar-benar segar kalian bisa memulai pekerjaan lagi.

Semoga bermanfaat.

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More