Mengaktifkan Fitur Screenshot Bawaan Firefox

30/09/2017    Maykhel David    1132     Teknologi

Hallo semuanya, beberapa waktu lalu mozilla menambahkan ftur baru, yaitu screenshot pada versi nightly. versi nightly adalah versi uji coba fitur terbaru yang akan di evaluasi untuk ditambahkan ke versi Stable. Beruntungnya firefox sudah memiliki inisiatif menambahkan fitur screenshot beberapa bulan lalu, untuk saat ini pasti beberapa diantara kalian sudah mendapatkan icon gunting pada toolbar sebelah kanan kalian. dimana ketika tombol itu di klik akan memberikan instruksi atau tutorial cara menggunakannya.

Beberapa pengguna Firefox terbaru sudah ada yang langsung dilengkapi dengan screenshot tool aktif, tetapi jika punya kalian belum ada, kalian bisa mengaktifkannya sendiri dengan cara berikut:

  1. Update Firefox ke versi yang paling baru
  2. Di address bar, ketikkan about:config dan tekan Enter
  3. Klik I accept the risk
  4. Di kolom pencarian, cari extensions.screenshots.system-disabled
  5. Double klik untuk mengubah value nya dari true menjadi false
  6. Restart browser Firefox (opsional)

Setelah screenshot tool aktif, maka kalian akan mendapati icon screenshot kecil di deretan icon add-on.


Screenshot Tool di Firefox ini cukup praktis dan mudah digunakan. kalian tinggal klik saja icon Screenshot dan bisa langsung mulai mengambil screenshot. kalian bisa mengambil berdasarkan area website yang otomatis terdeteksi oleh Firefox berdasarkan CSS nya

Atau langsung saja menggunakan drag & hold untuk memilih area. Setelah memilih area kalian bisa langsung mendownload screenshot tersebut, atau menguploadnya ke cloud Firefox Screenshot (My Shots).
Jika kalian memilih mengupload ke cloud, secara default screenshot tersebut akan tersimpan selama 14 hari, tetapi kalian bisa mengubahnya waktu expired nya sesuka hati. Misalkan saja kalian ingin file tersebut hilang dan terhapus otomatis setelah 10 menit, kalian bisa melakukannya. Atau jika kalian ingin file tersebut terus tersimpan dan tak terhapus, kalian juga bisa melakukannya. Screenshot tool Firefox ini bisa kalian gunakan untuk mengambil screenshot website secara full screen, hanya saja untuk web yang menu nya menempel saat di scroll (seperti WinPoin ini misalnya), tampilan hasil screenshot bakal kurang sempurna karena menu akan ditampilkan di bagian bawah.

Selain itu karena Firefox Screenshot ini masih beta, proses penyimpanan ke cloud juga seringkali lama atau bahkan gagal. Tetapi untuk screenshot yang langsung didownload tidak ada masalah dan bisa berjalan dengan lancar.

Sebenarnya fitur pada screenshot firefox ini sudah cukup baik, namun alangkah baiknya jika ditambahkan fitur anotation agar pengguna bisa langsung memberikan coretan pada screenshot yang diambil. Baiklah teman-teman demikian artikel kali ini tentang cara mengaktifkan fitur screenshot tersembunyi pada mozilla firefox terbaru. semoga bermanfaat.

 

Browser, Artikel

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More