Memulai Berkenalan Dengan Layanan Firebase

Kali ini kita akan membahas dan belajar tentang layanan Firebase dari awal. Firebase ini adalah salah satu product yang ditawarkan oleh Google yang tujuannya untuk membantu dan mempermudah pekerjaan developer, startup atau perusahaan dalam mengembangkan sebuah aplikasi/produk jauh lebih mudah.

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-01

Karena dengan adanya Firebase ini, developer bisa fokus dalam melakukan pengembangan aplikasi tanpa harus repot repot ngurusin hal seperti database, hosting ataupun mendaftarkan Analytics dan masih banyak lagi. Kalo teman teman penasaran silahkan buka Website utamanya ada di https://firebase.google.com. Firebase pertama kali didirikan pada tahun 2011 oleh Andrew Lee dan James Tamplin. Tentu firebase tidak hanya untuk web tapi kalian juga bisa gunakan untuk aplikasi mobile.
Kalo kita scroll sedikit teman teman bisa melihat ada banyak sekali fitur-fitur yang ditawarkan oleh firebase ini mulai dari :

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-02

  • Realtime database yaitu layanan yang pertama kali yang dikembangkan.

Realtime database menggunakan NoSQL database yang di-host di cloud yang disimpan dalam bentuk format JSON dan disinkronkan secara realtime atau secara otomatis. Contohnya sendiri misalnya users mengupdate salah satu datanya maka secara otomatis users yang lainnya yang sedang mengakses database tersebut akan mendapat hasil perubahannya. Fitur yang lainnya ada :

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-03

  • Autentikasi

Firebase menawarkan beberapa metode autentikasi untuk memudahkan pembangunan sistem autentikasi yang aman dan mudah sehingga user dapat mendaftar/login ke aplikasi. Tentu hal hal seperti itu wajib kita lakukan di satu web aplikasi atau mobile. Firebase mendukung Autentikasi dengan email & password, Facebook, Twitter, GitHub dan Google Sign-In.

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-04

  • Cloud Storage

Storage dapat menyimpan dan menerima konten dari user seperti gambar, audio ataupun video.

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-05

  • Hosting

Fitur ini mempermudah hosting web statis yang berisi file static seperti CSS, HTML dan JavaScript untuk aplikasi web modern.

  • Cloud Functions

Lalu kalo teman teman ingin kebagian backend dimana di integrasikan dengan nodejs maka firebase sudah menawarkan dengan fitur cloud functionsnya.

  • Crash Reporting

Yaitu menerima informasi permasalahan setelah aplikasi kita di publish. Yang terakhir adalah Google Analytics. Tentu masih banyak lagi fitur fitur yang dapat membantu product kita di awal. Pada bagian halaman pricing https://firebase.google.com/pricing. Firebase tersedia dalam tiga opsi yaitu: SPARK plan untuk awal masih gratis (Free).

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-06

Tentu ada beberapa keuntungannya mulai dari penyimpanan databasenya, storage, hosting lumayan besar 1 giga dan sangatlah cukup kalo teman teman baru mau mulai pengembangkan product yang ingin dibuat. Jadi kalo teman teman saat ini sedang belajar framework Javascript cocok sekali coba coba mengambil opsi yang gratis ini.
nah nanti pelan pelan teman teman bisa update ke bagian FLAME plan ($25 per bulan)

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-07

Atau BLAZE plan (bayar sesuai pemakaian).

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-08

Langkah pertama yang teman teman lakukan untuk memulai firebase ini adalah register dan login dengan menggunakan akun gmail setelah login maka kalian pilih menu go to consolenya dibagian kanan atas untuk masuk ke dashboard console firebase

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-09

Berikut ini halaman welcome home dari firebase consolenya

Memulai-Berkenalan-Dengan-Layanan-Firebase-Eki-07012020-010

Tentu pada bagian selanjutnya kita akan mencoba untuk menggunakan layanan dari firebase yakni hosting website statis dengan gratis. Terima kasih

7 Januari 2020

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat