Membuat Web Ikon di Adobe Illustrator

26/06/2020    Indah Puspitasari    18     Desain

Di masa lalu kami telah mengalami beberapa perubahan yang sangat menonjol di dunia desain web. Desain web paling awal terlalu mencolok dan ada terlalu banyak hal yang terjadi. Kemudian kami melihat beberapa peningkatan saat perancangan bergeser untuk membuat antarmuka situs web terlihat lebih realistis dan berinteraksi dengan lebih banyak integrasi media. Tapi semua ini sekarang telah berubah dengan munculnya desain web yang agak lebih baik namun mencolok bukan menjadi pilihan. Sekarang yang menjadi pilihan adalah desain yang simpel yaitu flat desain atau flat icon. Nah disini saya ingin membuat flat icon untuk web. Yuk langsung saja..

Disini saya menggunakan artboard dengan ukuran 900 px x 360 px. Dengan menggunakan artboard berwarna biru.

Membuat-Web-Ikon-di-Adobe-Illustrator-260620-indah01

Untuk gambar pertama dibuat dengan menggunakan star tool. Untuk warna fill saya gunakan berwarna biru dan strokenya berwarna coklat.
Lanjut pada gambar kedua, copy > paste pada objek pertama, lalu berikan garis ditengah-tengah objek, seleksi keduanya lalu pilih pathfinder > devide > ungroup. Gunakan satu sisi saja dan sisi yang satu lagi silahkan hapus. Untuk sisi yang satunya gunakan warna fill biru yang lebih tua dari biru sebelumnya.
Dan yang terkahir gunakan brush tool untuk membuat goresan warna putih untuk pemanisnya agar terlihat lebih menarik.

Membuat-Web-Ikon-di-Adobe-Illustrator-260620-indah02

Objek yang selanjutnya dibuat dengan menggunakan ellipse tool.Buat tiga buah objek bulat dengan ukuran yang berbeda, setelah itu seleksi tiga objek bulat tadi lalu pilih pathfinder > unite.
Gambar kedua, copy > paste pada objek pertama, lalu berikan garis ditengah-tengah objek, seleksi keduanya lalu pilih pathfinder > devide > ungroup. Gunakan satu sisi saja dan sisi yang satu lagi silahkan hapus. Untuk sisi yang satunya gunakan warna fill biru yang lebih tua dari biru sebelumnya.
Sekarang kita akan membuat panahnya,pertama gunakan rectangle tool dan kedua gunakan polyon tool dan hanya gunakan tiga sisi saja yah. Kemudian seleksi keduanya lalu pilih pathfinder > unite. Sehingga kedua objek tadi akan menjadi satu objek baru.
Terkahir gunakan brush tool untuk membuat goresan warna putih.

Membuat-Web-Ikon-di-Adobe-Illustrator-260620-indah03

Masih menggunakan ellipse tool. Buat dua buah objek bulat dengan ukuran yang berbeda, satu ukuran besar dan satu lagi ukuran kecil. Gunakan warna fill berwarna biru dan strokenya berwarna coklat.
Copy > paste pada bagian ellipse yang besar lalu berikan garis ditengah-tengah objek, seleksi keduanya lalu pilih pathfinder > devide > ungroup. Gunakan satu sisi saja dan sisi yang satu lagi silahkan hapus. Untuk sisi yang satunya gunakan warna fill biru yang lebih tua dari biru sebelumnya.
Lalu untuk membuat pegangannya kita akan menggunakan rounded rectangle tool. Untuk warna fill menggunakan warna biru tua ya.
Lanjut gunakan brush tool untuk membuat goresan warna putih.

Membuat-Web-Ikon-di-Adobe-Illustrator-260620-indah04

Ikon terkahir yaitu ikon pesan. Pertama dengan menggunakan rounded rectangle tool. Fill berwarna biru dan stroke berwarna coklat, kenapa menggunakan warna biru karna disini kita akan membuat flat desain.
Lanjut pada gambar kedua, copy > paste pada objek pertama, lalu berikan garis ditengah-tengah objek, seleksi keduanya lalu pilih pathfinder > devide > ungroup. Gunakan satu sisi saja dan sisi yang satu lagi silahkan hapus. Untuk sisi yang satunya gunakan warna fill biru yang lebih tua dari biru sebelumnya.
Kali ini kita akan menggunakan pen tool untuk membuat garis dibagian bawah. Untuk garis saya gunakan warna coklat ya.
Untuk garis dibagian atas saya gunakan polygon tool dan menggunakan tiga sisi saja yah. Ini hanya menggunakan stroke berwarna coklat tidak menggunakan warna fill.
Terakhir yuhu kita gunakan brush tool untuk membuat goresan warna putih.

Membuat-Web-Ikon-di-Adobe-Illustrator-260620-indah05

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Bagaimana teman-teman mudah bukan membuatnya, karena disini menggunakan tool-tool yang mudah digunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More