Membuat Tipografi Dengan Bleend Tool

20/12/2020    Indah Puspitasari    229     Desain

Blend Tool adalah tools yang ada di Illustrator memungkinkan Anda menggabungkan bentuk dan warna antara dua atau lebih objek untuk membuat objek baru. Alat Blend memadukan warna serta bentuk dan menginterpolasi langkah menengah untuk berpindah dari satu objek ke objek berikutnya. Kemampuan untuk membuat campuran adalah keterampilan dasar bagi siapa pun yang menggunakan Illustrator. Jika Anda baru mengenal Illustrator, tip berikut akan membantu Anda menjadi ahli blending sejati. Untuk memulai, atur opsi alat Blend dengan mengklik dua kali pada alat atau pergi ke menu Objek dan memilih Blend > Blend Options.

Smooth Color > memperkirakan jumlah langkah yang diperlukan untuk menghasilkan transisi warna yang mulus antar objek. Ketahuilah bahwa langkah-langkah sementara akan diwarnai dengan menggunakan warna proses, meskipun Anda memiliki warna titik yang ditetapkan untuk suatu item atau item.
Specified Steps >  memungkinkan Anda mengontrol jumlah item sementara untuk berpindah dari satu objek ke objek lainnya.
Specified Distance > memberi Anda kendali atas jarak setiap langkah sementara.

Setelah Anda mengatur opsi, pilih alat Blend dan klik pada item yang ingin Anda gabungkan dalam urutan yang tepat. Atau pilih item dengan alat Seleksi, lalu pilih Object> Blend> Make dari menu bar. Nah itu dia penjelasan sedikit tentang blend tool. Lalu kita akan mempraktikan kegunaannya seperti apa untuk mempercantik text. Yuk langsung saja yah.

Pertama kita buat text dengan menggunakan type tool. DIsini saya membuat tulisan school dengan jenis font raleway dan warnanya berwarna putih. Disini saya menggunakan background berwarna biru. Namun jika teman - teman ingin menggunakan warna lain tidak jadi masalah yah.

Membuat-Tipografi-Dengan-Bleend-Tool-indah-201220-01

Lalu copy > paste. Matikan fill dan hanya gunakan warna stroke saja yah.

Membuat-Tipografi-Dengan-Bleend-Tool-indah-201220-02

Kemudian kita akan gunakan bleend tool. Klik pada semua huruf yang sudah diatur. Kemudian Klik menu Object > Blend > Blend Options. Lalu akan muncul pengaturan seperti gambar dibawah ini. Pilih Specified Steps, lalu atur perbanyaklah agar terlihat menarik. Jika telah selesai jangan lupa klik Ok.

Membuat-Tipografi-Dengan-Bleend-Tool-indah-201220-03

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat-Tipografi-Dengan-Bleend-Tool-indah-201220-04

Lalu ubah warna menjadi warna gradient pink dan biru. Lalu gabungkan dengan text yang pertama kita buat. Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat-Tipografi-Dengan-Bleend-Tool-indah-201220-05

Bagaimana teman - teman mudah bukan cara membuatnya. Semoga ini dapat menambah ilmu teman - teman tentang desain yah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.

 

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More
chatarrow