Membuat Tipografi Bergambar di Illustrator

04/01/2021    Indah Puspitasari    56     Desain

Tipografi adalah seni dan teknik menyusun jenis agar bahasa tulisan terbaca, mudah dibaca, dan menarik saat ditampilkan. Susunan tipe melibatkan pemilihan tipografi, ukuran titik, panjang garis, spasi baris (leading), dan spasi huruf (pelacakan), dan pengaturan spasi antar pasangan huruf. Istilah tipografi juga diterapkan pada gaya, susunan, dan tampilan huruf, angka, dan simbol yang dibuat oleh proses tersebut. Jenis desain adalah kerajinan yang terkait erat, terkadang dianggap sebagai bagian dari tipografi; kebanyakan tipografer tidak mendesain tipografi, dan beberapa desainer tipe tidak menganggap diri mereka sebagai pembuat tip. Tipografi juga dapat digunakan sebagai perangkat hias dan dekoratif, yang tidak terkait dengan komunikasi informasi.

Tipografi adalah karya juru ketik (juga dikenal sebagai kompositor), pembuat tipografi, desainer grafis, direktur seni, seniman manga, seniman buku komik, seniman grafiti, dan, sekarang, siapa pun yang mengatur kata, huruf, angka, dan simbol untuk publikasi, tampilan , atau distribusi, dari pekerja administrasi dan penulis buletin kepada siapa pun yang menerbitkan materi sendiri. Sampai Era Digital, tipografi adalah pekerjaan khusus. Digitalisasi membuka tipografi untuk generasi baru desainer dan pengguna awam yang sebelumnya tidak terkait. Karena kemampuan untuk membuat tipografi telah ada di mana-mana, penerapan prinsip dan praktik terbaik yang dikembangkan dari generasi ke generasi pekerja terampil dan profesional telah berkurang. Jadi pada saat teknik ilmiah dapat mendukung tradisi yang telah terbukti (misalnya, keterbacaan yang lebih besar dengan penggunaan serif, huruf besar dan kecil, kontras, dll.) Melalui pemahaman keterbatasan penglihatan manusia, tipografi seperti yang sering ditemui mungkin gagal untuk mencapai tujuan utama: komunikasi yang efektif. Nah disini saya akan membuat Typographiy namun sedikit berbeda agar terlihat lebih menarik lagi. Yuk langsung saja yah.

Pertama disini saya membuat alphabet yaitu huruf M dengan menggunakan pen tool. Mengapa harus menggunakan pen tool agar huruf terlihat lebih menarik lagi tidak monoton bentuknya.

Membuat-Tipografi-Bergambar-di-Illustrator-indah-020121-01

Kemudian pilih salah satu gambar yang ingin dimasukan kedalam huruf, disini saya memilih gambar gedung - gedung di malah hari agar terlihat lebih menarik lagi.

Membuat-Tipografi-Bergambar-di-Illustrator-indah-020121-01

Lanjut seleksi gambar dan huruf lalu klik kanan pilih Make Clipping Mask.

Membuat-Tipografi-Bergambar-di-Illustrator-indah-020121-03

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat-Tipografi-Bergambar-di-Illustrator-indah-020121-04

Mudah bukan membuatnnya. Dan terlihat lebih menarik tidak monoton huruf saja namun ada gambar yang membuat pusat perhatian. Semoga ilmu tentang desain bertambah. Selamat mencobanya dirumah dan sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More