Membuat Poster Hari Buku Nasional

13/05/2019    Indah Puspitasari    245     Desain

Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan, gambar, atau tempelan. Setiap sisi dari sebuah lembaran kertas pada buku disebut sebuah halaman. Seiring dengan perkembangan dalam bidang dunia informatika, kini dikenal pula istilah e-book atau buku-e (buku elektronik), yang mengandalkan perangkat seperti komputer meja, komputer jinjing, komputer tablet, telepon seluler dan lainnya, serta menggunakan perangkat lunak tertentu untuk membacanya. Karena buku tidak akan lepas dari setiap manusai bahkan disetiap negara. Ternyata, Hari Buku yang biasa kita rayakan dalam setahun itu memang ada dua kali loh. Yang pertama Hari Buku Internasional atau lebih sering disebut World Book Day. Perayaan ini jatuh tiap tanggal 23 April. Yang menggagasnya adalah United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization alis UNESCO untuk mengampanyekan budaya membaca dan mengapresiasi para pembuat buku, ilustrasi, dan pelaku penerbitan sedangkan yang satunya lagi jatuh pada tanggal17 Mei dipilih karena sama dengan hari didirikannya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di tahun 1980. 

Nah untuk memeriahkan hari buku ini mari kita buat poster sederhana agar setiap orang tahu bahwa buku ini ada hari peringatannya juga. Yuk langsung saja.

Pertama disini saya memiliki sebuah artboard yang berukuran 500 px x 500 px. Disini saya menggunakan warna artboard merah bata.

Kemudian selanjutnya yang harus dimasukan adalah sebuah gambar, untuk gambar teman-teman bisa saja search di internet dengan keyword "book vector", nah nanti teman-teman bisa pilih tuh gambar yang ingin teman-teman gunakan atau gambar yang sesuai dengan gambar yang saya gunakan.

Langkah selanjutnya adalah membuat 3 buah objek kotak dengan menggunakan rectangle tool. Untuk bagian kotak atas dan bawah gunakan kotak berwarna pink dan untuk yang ditenagh menggunakan kotak berwarna putih. Nah ini bentuknya bisa kita atur lagi agar tidak terlalu menoton yah dengan menggunakan direct selection tool, tarik pada bbagian ujung kotak. Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini ya.

Lalu berikan text dengan menggunakan type tool. Disini saya menggunakan font beauty and beast. Untuk dikotak yang berwarna pink kiota gunakan text berwarna putih begitu pun sebaliknya, dikotak berwarna putih kita menggunakan text berwarna pink. Agar terlihat lebih menarik pada bagian text gunakan stroke yah agar terlihat lebih timbul dari pada objek kotkanya.

Selanjutnya disini saya akan menggunakan pentool untuk membuat pola garis seperti gambar dibawah ini. Kemudian pada bagian stroke saya gunakan dash linenya. Hingga bentuk garis pentoolnya akan jadi putus-putus yah.

Dan yang terakhir kita buat shape bulat dengan menggunakan ellipse tool. Kemduain klik menu effect > distort & transfrom > pucker & bloat. Dan tara hasilnya akan jadi seperti ini.

Bagaimana teman-teman mudah bukan cara membuat posternya. Semoga bisa menjadi salah satu isnpirasi teman-teman yah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah.

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More