Membuat plugin wordpress sederhana

Halo teman-teman Dumet School!

Bagi teman-teman yang sudah sering menggunakan WordPress sebagai mesin web-nya pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Plugin WordPress.

Saya belum tahu plugin, pak? Plugin itu apa ya?

Plugin itu adalah fitur tambahan yang kita benamkan(tambahkan) ke CMS WordPress tanpa mengubah fitur-fitur yang sudah ada. Ibarat kata kita punya motor, meskipun kita beri stiker di body samping. Motor akan tetap bisa berjalan kan? 

Contohnya Plugin seperti apa? Apa bisa dibuat sendiri?

Oke, sekarang kita coba buat fitur tambahan WordPress sendiri sekaligus sebagai contoh Plugin.

Salah satu keunggulan Bahasa Pemrograman PHP adalah kita bisa menghemat waktu untuk kegiatan yang dilakukan berulang-ulang dibuat secara otomatis. Misalnya kita selalu berterima kasih kepada setiap pengunjung blog dan meminta mereka untuk men-share artikel kita.

Pada kasus “meminta share dan berterima kasih” disetiap akhir posting ini, penulis blog harus menuliskan rasa terima kasihnya dan juga secara halus meminta untuk agar pembaca membagikan artikel tersebut kepada orang lain.

Daripada menuliskannya berulang-ulang kenapa tidak kita buat otomatis saja?  Dengan demikian pengunjung juga akan merasa senang dan kita menjadi hemat waktu dalam menulis.

Misalkan saya beri nama Plugin ini Kata Perpisahan. Coba simpan script berikut ini sebagai file berekstensi *.php

Setelah disimpan, jangan lupa sebelum diupload ke WordPress, jadikan .zip dulu filenya

Setelah diupload dan diaktifkan. Coba lihat di postingan blog WordPress teman-teman. Maka contoh hasilnya akan seperti gambar berikut ini :

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat smiley

9 Maret 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat