Membuat Nirmana Ruang di Illustrator

06/02/2021    Indah Puspitasari    304    Desain

Nirmana terdiri dari dua macam, yaitu nirmana 2D (dua dimensi) atau lebih dikenal nirmana datar, nirmana 3D (tiga dimensi) atau 2D dikenal nirmana ruang.nirmana nirmana dibuat di atas permukaan datar, memiliki panjang dan lebar.nirmana Pelatihan kepekaan elemen 2D untuk elemen siswa seperti warna, bentuk, garis, dan penerapannya. Dan mengingat komposisi, ritme, dan kesatua menjadi karya harmoni.atau bidang datar itu sendiri menjadi satu kesatuan harmoni. Nirmana 3D dibuat di atas lapangan yang memiliki panjang, lebar, tinggi, dan memiliki ketebalan, luas dan volume. Layaknya nirmana ceper, keduanya melatih kepekaan siswa, dan melatih kepekaan kreatif dan estetika dalam bentuk 3 dimensi, serta pengenalan materi seperti materi, struktur dan alam apapun. Bedanya dengan nirmana ceper hanya menikmati sebuah karya 3 dimensi dari berbagai sudut pandang secara bersamaan untuk mencapai keserasian tersebut.

Unsur-unsur nirmana ada titik,  outline, shape, ruang dan texture. Nah bagaimana cara pembuatan nirmana pada adobe illustrator? pasti susah yah? Oh tentu saja tidak, perhatikan berikut ini, karena menggunakan teknik yang mudah dan tool - tool yang gampang untuk dipahami.

Pertama disini saya membuat 2 buah objek bintang yang dibuat dengan menggunakan star tool. Satu berukuran besar dan satu lagi berukuran kecil.

Membuat-Nirmana-Ruang-di-Illustrator-indah-060221-01

Kemudian klik menu object > blend > make.

Membuat-Nirmana-Ruang-di-Illustrator-indah-060221-02

Lanjut klik menu Effect > Pathfinder > Exclude.

Membuat-Nirmana-Ruang-di-Illustrator-indah-060221-03

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat-Nirmana-Ruang-di-Illustrator-indah-060221-04

Lanjut klik menu Object > Blend >Blend Options. Atur seperti gambar dibawah ini yah, dan jika sudah selesai mengaturnya jangan lupa klik OK.

Membuat-Nirmana-Ruang-di-Illustrator-indah-060221-05

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat-Nirmana-Ruang-di-Illustrator-indah-060221-06

Lanjut langkah terakhir dengan klik menu Effect > Distort & Transfrom > Transfrom. Atur Angel objek seperti gambar dibawah ini, namun jika ingin mengatur sesuai keinginan itu tidak jadi masalah yah. Jika telah selesai mengatur jangan lupa klik OK.

Membuat-Nirmana-Ruang-di-Illustrator-indah-060221-07

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat-Nirmana-Ruang-di-Illustrator-indah-060221-08

Bagaimana teman - teman cantik bukan hasil akhirnya dan cara membuatnya pun sangat mudah. Semoga artikel ini bisa membantu teman - teman yah dan bisa menambah ilmu tentang desain. Selamat mencoba dirumah, sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya dan semoga bermanfaat.

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More
chatarrow