Membuat Isometric Text di Illustrator

06/02/2021    Indah Puspitasari    121     Desain

Grafik komputer 3D, atau grafik komputer tiga dimensi (berbeda dengan grafik komputer 2D), adalah grafik yang menggunakan representasi tiga dimensi dari data geometris (seringkali Cartesian) yang disimpan di komputer untuk keperluan melakukan kalkulasi dan rendering 2D gambar-gambar. Gambar yang dihasilkan dapat disimpan untuk dilihat nanti (mungkin sebagai animasi) atau ditampilkan secara real time. Tidak seperti film 3D dan teknik serupa, hasilnya adalah dua dimensi, tanpa ilusi solid.

Grafik komputer 3D mengandalkan banyak algoritme yang sama seperti grafik vektor komputer 2D dalam model bingkai kawat dan grafik raster komputer 2D pada tampilan akhir yang diberikan. Dalam perangkat lunak grafik komputer, aplikasi 2D dapat menggunakan teknik 3D untuk mencapai efek seperti pencahayaan, dan, begitu pula, 3D dapat menggunakan beberapa teknik rendering 2D.

Objek dalam grafik komputer 3D sering disebut sebagai model 3D. Tidak seperti gambar yang dirender, data model terdapat dalam file data grafis. Model 3D adalah representasi matematis dari objek tiga dimensi apa pun; model secara teknis bukanlah grafik sampai model itu ditampilkan. Sebuah model dapat ditampilkan secara visual sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut rendering 3D, atau dapat digunakan dalam simulasi dan perhitungan komputer non-grafis. Dengan pencetakan 3D, model ditampilkan menjadi representasi fisik 3D aktual dari diri mereka sendiri, dengan beberapa batasan tentang seberapa akurat model fisik dapat cocok dengan model virtual. Nah pada tutorial kali ini saya akan membuat 3D Isometric. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja yah.

Pertama membuat text dengan type tool. Untuk text terserah teman - teman ingin menggunakan kata atau text apa yah.

Membuat-Isometric-Text-di-Illustrator-indah-010221-01

Kemudian klik menu effect > 3D > Extrude & Bevel/\.

Membuat-Isometric-Text-di-Illustrator-indah-010221-02

Kemudian akan muncul pengaturan seperti gambar dibawah ini. Pada bagian Position > Isometric Top dan jika telah selesau diganti jangan lupa klik OK.

Membuat-Isometric-Text-di-Illustrator-indah-010221-03

Kemudian klik menu object > Expand Appearance.

Membuat-Isometric-Text-di-Illustrator-indah-010221-04

Setelah itu klik kanan > ungroup > lalu ubah warna sesuai selera teman - teman yah.

Membuat-Isometric-Text-di-Illustrator-indah-010221-05

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Semoga ilmu tentang desain semakin hari semakin bertambah yah. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More