Membuat Infografis di Adobe Illustrator

27/06/2020    Indah Puspitasari    99     Desain

Menurut Oxford English Dictionary, infografis (atau grafik informasi) adalah “representasi visual dari informasi atau data”. Tetapi makna infografis adalah sesuatu yang jauh lebih spesifik. Infografis adalah kumpulan gambar, bagan, dan teks minimal yang memberikan gambaran umum topik yang mudah dipahami. Seperti dalam contoh di bawah ini, infografis menggunakan visual yang mencolok dan menarik untuk mengkomunikasikan informasi dengan cepat dan jelas. Oke langsung saja yah disini saya akan memberikan tutorial dalam membuat infografis.

Disini saya mempunyai artboard yang berukuran 900 px x 360 px. Dan warna yang saya gunakan untuk background adalah berwarna biru.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah01

Lanjut dengan membuat objek awan dengan mengunakan ellipse tool. Buat beberapa objek bulat gabungkan menjadi satu sehingga membentuk menjadi awan. Lalu gunakan warna biru yang agak sedikit lebih tua dari warna background.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah02

Masih menggunakan ellipse tool. Buat dua buah objek yang perama berukuran kecil dan menggunakan warna fill orange. Dan objek yang kedua ini jauh lebih besar dan yang digunakan warna stroke saja berwarna hitam. Jangan lupa dashnya diaktifkan yah, agar hasilnya putus-putus.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah03

Copy > Paste sehingga menjadi empat bagian.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah04

Lanjut dengan menggunkan brush tool, kita akan membuat goresan garis dan gunakan berwarna orange dan hitam. Untuk tingkat ketebalan warna orange dia lebih tebal dari pada warna yang hitam.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah05

Memberikan text dengan menggunakan type tool. Jenis font yang digunakan adalah raleway dan untuk warna yang digunakan adaah warna abu-abu.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah06

Memberikan text dengan menggunakan type tool. Jenis font yang digunakan adalah raleway dan untuk warna yang digunakan adaah warna abu-abu.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah07

Kemudian saya disini ingin membuat awan lagi, namun awan kali ini saya akan membuat bagian pertama dan kedua dengan menggunakan pen tool. Objek pertama menggunakan warna berwarna putih dan objek kedua menggunakan warna abu-abu. Kemudian grup kedua objek tersebut, lalu copy > paste. Pilih pathfinder > unite. Objek pun akan berubah menjadi satu, pilih stroke saja berwana hitam dan warna fill tidak digunakan. Dan yang terkahir gunakan ellipse tool untuk membuat beberapa objek bulat disekitaran awan.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah08

Lalu letakan awan dibagian atas kiri dan dibawah pojok kanan.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah09

Lalu tambahkan judul diatasnya prinsip - prinip desain, sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat-Infografik-di-Adobe-Illustrator-27062020-indah10

Bagaimana teman-teman mudah bukan cara membuatnya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah:)

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More