Membuat ID Card Simpel dan Menarik Part 1

16/06/2020    Indah Puspitasari    278    Desain

ID Card digunakan untuk menghubungkan seseorang dengan informasi tentang orang tersebut, seringkali dalam database. Foto dan kepemilikannya digunakan untuk menghubungkan orang tersebut dengan dokumen. Koneksi antara dokumen identitas dan database informasi didasarkan pada informasi pribadi yang ada pada dokumen, seperti nama lengkap pembawa, usia, tanggal lahir, alamat, nomor identifikasi, nomor kartu, jenis kelamin, kewarganegaraan, dan lainnya. Nomor identifikasi nasional yang unik adalah cara yang paling aman, tetapi beberapa negara tidak memiliki nomor tersebut atau tidak menyebutkannya dalam dokumen identitas. Namun kini ID Card dibuat sesimpel mungkin tidak terlalu banyak yang dimasukan namun tetap menarik dan informatif. Nah disini saya ingin berbagi tips dan trik membuat ID Card yang simpel dan menarik, yuk langsung saja.

Untuk ukuran yang dipakai saya menggunakan 54mm x 86mm. Kali ini saya akan membuat background dengan menggunakan rectangle tool. Saya membuat 2 buah objek kotak. Untuk kotak bagian atas ukurannya lebih kecil dari pada kotak bagain bawah. kotak atas saya gunakan berwarna abu-abu dan untuk bagian bawah saya gunakan berwarna biru.

Membuat-ID-Card-Simpel-dan-Menarik-140620-indah01

Masih menggunakan rectangle tool. Saya akan membuat untuk bagian foto, saya membuat 2 buah objek kotak yang hanya menggunakan warna fill berwarna putih saja, sedangkan yang satu lagi hanya menggunakan warna stroke saja. Jangan lupa di rotate yah sehingga bentuk kotaknya akan jadi seperti ini.

Membuat-ID-Card-Simpel-dan-Menarik-140620-indah02

Lanjut pada kotak dibagian dalam akan dimasukan gambar. Masukan gambar letakan dibagian paling bawah dan objek kotak dibagian atas. Seleksi keduanya lalu klik kanan > make clipping mask.

Membuat-ID-Card-Simpel-dan-Menarik-140620-indah03

Lanjut membuat text dengan menggunakan type tool. Disini saya gunakan jenis font raleway dan warnanya saya gunakan warna biru untuk menyesuaikan dengan background bagian bawah.

Membuat-ID-Card-Simpel-dan-Menarik-140620-indah04

Lanjut saya akan memberikan bayangan pada text. Klikmenu effect > stylize > drop shadow. Lalu akan muncul pengaturan seperti gambar dibawah ini, jika telah selesai jangan lupa klik OK.

Membuat-ID-Card-Simpel-dan-Menarik-140620-indah04

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat-ID-Card-Simpel-dan-Menarik-140620-indah06

Oke untuk part kali ini sampai bagian atas dulu yah teman-teman, kita sambung pada part selanjutnya dengan membuat bagian bawah dan bagian belakang kartu nama.

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More
chatarrow