Membuat Foto Grid di Illustrator

17/01/2019    Indah Puspitasari    147     Desain

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak berbasis vektor canggih. Jadi, tidak seperti format berbasis pixel yang ada di  Photoshop. Dalam Illustrator, garis terdiri dari dua titik yang terhubung oleh algoritma komputer, bukan hanya garis piksel. Karena itu, Illustrator sering digunakan untuk membuat logo atau apa pun yang mungkin perlu dicetak atau ditampilkan pada ukuran yang berbeda. Grafik vektor tidak akan pernah kehilangan kualitasnya jika ditingkatkan atau diturunkan. Illustrator juga akan memberi Anda hasil cetak yang lebih baik karena tidak tergantung resolusi. Kekurangan Illustrator adalah tidak dapat digunakan dengan mudah untuk memodifikasi gambar yang sudah dibuat, karena ada filter terbatas dan alat pengeditan gambar yang tersedia untuk Anda. Untuk mengetahui seberapa baik Anda sudah mengenal Illustrator, lihat tes Smarterer ini.

Nah di adobe illustrator ini saya ingin membuat feed yang biasa digunakan di illustrator. Mungkin teman-teman biasa membuat feednya diphotoshop, namun apakah teman-teman tahu jika membuat di illustrator lebih mudah dan cepat agar tidak perlu menyeleksinya secara manual.

Pertama yang harus dilakukan adalah membuat artboard terlebih dahulu. Biasanya untuk  feed di instagram itu menggunakan 1000 px x 1000 px. Namun jika terlalu besar teman-teman bisa menggunakan ukuran 500 px x 500 px. Jika telah selesai mengaturnya jangan lupa klik create ya.

Jadi satu buah artboard, karena untuk feed biasanya kita membutuhkan lebih dari satu artboard.

Untuk menambahkan artboard teman-teman bisa klik artboard tool, lalu pilih new otomatis akan muncul artboard baru dengan ukuran yang sama, letakan lah artboard dengan pola seperti ini.

Kemudian masukan gambar atau foto yang akan dimasukan kedalam feed. Atur ukurannya sepereti arboard yang telah dibuat.

Tahap terkahri adalah menyimpan gambar dengan cara klik menu file > export.

Hingga hasil gambar akan jadi seperti ini.

Bagaimana teman-teman mudah bukan cara membuat feed ini, jadi teman-teman tidak perlu membuatnya secara manual dan akan memakan waktu yang lama. Oke semoga artikel ini dapat membantu teman-teman yah, selamat mencoba dan semoga bermanfaat yah.

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More