Membuat Form Konversi Youtube URL Menjadi Youtube Embed

21/01/2020    Maykhel David    238     Website

Membuat Form Konversi Youtube URL menjadi Youtube Embed – Hallo teman-teman, pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara convert URL YouTube menjadi URL embed menggunakan PHP. Pada umumnya, ketika kita ingin membagikan sebuah video dengan cara embed, maka kita perlu mencari tombol share dan memilih pilihan embed. Berbeda kasus kalau kita ingin membuat sebuah aplikasi yang menampilkan video embed YouTube dengan memperhitungkan dari sisi User Experience (UX), maka kita diwajibkan untuk membuat pengalaman user (yang meng-input data) untuk meminimalisir tahap yang dilalui user tersebut.

Oleh karena itu, dengan membuat form convert URL YouTube menjadi embed ini, kita bisa langsung copy URL asli video dan mengubahnya menjadi URL embed YouTube. Baiklah teman-teman, sekarang langsung saja kita coba praktekkan.

Buat struktur form

<form action="" method="post">
    <label>Youtube Video URL</label><br>
    <input type="text" name="ytlink">
    <input type="submit" name="convert" value="convert">
</form>

 

Fungsi PHP untuk submit URL

<?php
// untuk deklarasi variable $result dengan default value = “”
$result = "";

// fungsi convert url
if (isset($_POST['convert'])) {
    $ytlink = $_POST['ytlink'];
    $result = preg_replace("/\s*[a-zA-Z\/\/:\.]*youtube.com\/watch\?v=([a-zA-Z0-9\-_]+)([a-zA-Z0-9\/\*\-\_\?\&\;\%\=\.]*)/i","http://www.youtube.com/embed/$1",$ytlink);
}
?>

Pada kode di atas, kita menggunakan fungsi preg_replace(). Dimana pada fungsi tersebut, kita dapat menggunakannya untuk mencari kombinasi huruf, kata, dan symbol dengan pattern tertentu. Sederhananya, kita memilih URL yang memiliki parameter watch dan mengubahnya menjadi embed.

Selanjutnya, kita bisa cek dengan mencetak hasilnya seperti kode di bawah ini:

<p><?= ($result == "")? "Silahkan isi URL youtube dahulu !": $result ?></p>

Baiklah teman-teman, kalian bisa kembangkan lebih lanjut mulai dari security dan tampilan agar lebih menarik. Demikian artikel kali ini dalam membahas cara membuat form konversi YouTube URL menjadi YouTube embed menggunakan PHP. Semoga bermanfaat.

PHP

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More