Membuat Cover Portfolio di Illustrator

25/01/2021    Indah Puspitasari    163     Desain

Seorang ilustrator adalah seniman yang mengkhususkan diri dalam meningkatkan penulisan atau menjelaskan konsep dengan memberikan representasi visual yang sesuai dengan konten teks atau ide terkait. Ilustrasi mungkin dimaksudkan untuk memperjelas konsep atau objek yang rumit yang sulit untuk dijelaskan secara tekstual, yang menjadi alasan mengapa ilustrasi sering ditemukan dalam buku anak-anak.Ilustrasi adalah seni membuat gambar yang bekerja dengan sesuatu dan menambahkannya tanpa perlu perhatian langsung dan tanpa mengganggu apa yang diilustrasikannya. Hal lainnya adalah fokus perhatian, dan peran ilustrasinya adalah untuk menambah kepribadian dan karakter tanpa bersaing dengan hal lain itu. Ilustrasi telah digunakan dalam iklan, rendering arsitektur, kartu ucapan, poster, buku, novel grafis, storyboard, bisnis, komunikasi teknis, majalah, kemeja, video game, tutorial, dan surat kabar. Ilustrasi kartun dapat menambahkan humor pada cerita. Selian itu illustrator pun bisa membuat cover majalah loh. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja yah.

Apa itu desain sampul / cover ? Desain sampul adalah tampilan visual dari sampul buku Anda. Ini membantu memasarkan buku Anda dan merupakan faktor penting dalam membuat buku Anda menonjol di rak, terutama di rak virtual di mana gambar lebih kecil dan sering dilihat sebagai thumbnail. Untuk membantu buku Anda mendapatkan perhatian maksimal, kami menawarkan paket desain sampul Basic dan Deluxe, selain Desain Sampul Siap Cetak.

Desain sampul melibatkan semuanya dari:

    - konsep
    - aliran
    - tata letak
    - font
   -  gambar

Bagaimana Anda tahu harus mulai dari mana?

    - Memiliki pemahaman yang baik tentang genre Anda, plot buku Anda, dan nada tulisan Anda.
    - Bagaimana Anda akan mengkomunikasikan konten dan tema buku Anda.
    - Jika Anda kesulitan, pikirkan tentang desain sampul lain yang Anda suka dan bagaimana Anda bisa membuat desain sampul Anda unik dan menarik secara visual.
    - Jangan khawatir, kami dapat membantu Anda jika Anda kesulitan dalam membuat desain.

Yuk langsung saja perhatikan tutorial dibawah ini, karena tutorial ini sangat mudah dan simpel sekali yah.

Pertama disini saya mempunyai sebuah gambar wanita, yang ingin saya jadikan cover portfolio. Namun jika teman - teman ingin menggunakan gambar lain itu tidak jadi masalah yah.

Membuat-Cover-Portfolio-di-Illustrator-indah-250121-01

Lanjut saya membuat background, warna background yang digunakan adalah warna yang sama dengan warna background yang digunakan pada gambar.

Membuat-Cover-Portfolio-di-Illustrator-indah-250121-02

Kemudian selanjutnya adalah membuat text dengan menggunakan type tool. Jenis font yang digunakan adalah raleway black, dan warna yang digunakan adaah warna putih.

Membuat-Cover-Portfolio-di-Illustrator-indah-250121-03

Letakan text dibawah gambar, untuk huruf o, t, o, dan i digunakan warna stroke saja. Dan agar terlihat lebih menarik dibagian kanan kiri saya berikan garis yang saya buat dengan menggunakan line tool. Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini.

Membuat-Cover-Portfolio-di-Illustrator-indah-250121-04

Bagaimana teman - teman, mudah bukan cara membuatnya. Semoga ini, dapat menambah ilmu teman - teman tentang desain yah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.

Illustrator

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More