Membuat Background Bertexture di Adobe Photoshop

16/11/2020    Indah Puspitasari    60     Desain

Apa itu Tekstur?

Dunia alami kaya akan tekstur permukaan setiap objek yang terlihat bertekstur pada skala tertentu. Kekayaan tekstur terlihat pada objek buatan dan alami seperti pada kayu, tumbuhan, bahan dan kulit. Dalam pengertian umum, kata tekstur mengacu pada karakteristik permukaan dan penampilan suatu objek yang diberikan oleh ukuran, bentuk, kepadatan, pengaturan, proporsi bagian dasarnya. Tekstur biasanya digambarkan sebagai halus atau kasar, lembut atau keras, kasar halus, tidak mengkilap atau mengkilap, dan lain-lain.

Tekstur dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu tekstur taktil dan tekstur visual. Tekstur taktil mengacu pada kesan permukaan yang langsung terasa. Tekstur visual mengacu pada kesan visual yang dihasilkan tekstur bagi pengamat manusia, yang berkaitan dengan variasi spasial lokal dari rangsangan sederhana seperti warna, orientasi dan intensitas pada suatu citra. Tesis ini hanya berfokus pada tekstur visual, sehingga istilah 'tekstur' selanjutnya secara eksklusif mengacu pada 'tekstur visual' kecuali disebutkan lain.

Meskipun tekstur merupakan area penelitian penting dalam computer vision, tidak ada definisi yang tepat dari pengertian tekstur. Alasan utamanya adalah bahwa tekstur alami sering kali menampilkan properti yang berbeda namun saling bertentangan, seperti keteraturan versus keacakan, keseragaman versus distorsi, yang hampir tidak dapat dijelaskan secara terpadu. Banyak peneliti telah mencoba mendefinisikan tekstur dari sudut pandang tertentu tentang sifatnya. Haralick menganggap tekstur sebagai `` fenomena area terorganisir '' yang dapat diuraikan menjadi `primitif '. Nah berhubungan dengan texture, texture pun bisa mmbantu kita untuk membuat background agar terlihat lebih menarik lagi. Penasaran bagaimana caranya? Yuk langsung saja yah.

Pertama disini saya mempunyai sebuah canvas yang berukuran 500 px x 500 px. Lalu dibagian atas saya membuat sebuah objek dengan menggunakan pen tool. Untuk warna yan digunakan bisa menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan teman-teman yah.

Membuat-Background-Bertexture-di-Adobe-Photoshop-161120-indah-01

Kemudian masukan gambar kertas lecek seperti ini, untuk bahan bertexture ini. Untuk gambar texture bisa sesuaikan dengan teman - teman yah. Jika ingin memkai texture kayu, lantai dan sebaginya itu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan ke inginan teman - teman. Untuk gambarnya sudah banyak di internet yah.

Membuat-Background-Bertexture-di-Adobe-Photoshop-161120-indah-02

Lalu pada bagian layer texture kertas pada bagian blanding mode diubah dri normal menjadi multiply.

Membuat-Background-Bertexture-di-Adobe-Photoshop-161120-indah-03

Sehingga hasilnya akan jadi seperti ini. Texture pun akan menyatu dengan objek yang sudah dibuat.

Membuat-Background-Bertexture-di-Adobe-Photoshop-161120-indah-04

Bagaimana teman - teman mudah bukan cara membuatnya. Jadi background yang kita gunakan tidak polos dan lebih menarik lagi. Semoga ini bisa menambah ilmu teman - teman tentang desain yah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya.

Photoshop

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More