Membangun Website dengan Template Engine Terbaik

Membangun Website dengan Template Engine – Barang kali diantara teman – teman ada yang belum mengetahui tentang apa itu template engine? Template engine adalah sebuah system yang bisa kita gunakan untuk membuat template atau halaman website menjadi dinamis dengan sangat fleksibel.

Mengapa menggunakan Template Engine?

Karena kita saat ini mulai mengembangkan aplikasi web yang rumit, jadi kita harus semakin pintar dalam mengatur setiap kode yang kita ketik, dan memisahkan antara tampilan dengan fungsi dan logic yang sudah kita buat. Sebuah template engine dapat membantu dalam membuat halaman dinamis dimana nantinya bagian front-end dapat menampilkan data dengan sintaks yang sederhana tetapi juga powerful, dimana pengembang front-end bisa leluasa mengolah tampilan dan data yang didapatkan dari back-end, serta pengembang back-end juga tidak terlalu dibuat pusing oleh patokan tampilan yang ada di front-end

1. Blade

Blade adalah template engine yang digunakan oleh Laravel 4 keatas, template engine ini dibuat pada tahun 2011, dan dengan sangat cepat meningkat sehingga menjadi template engine yang paling banyak digunakan saat ini. Belum lagi sejak digunakan  oleh Laravel yang membuat blade kini menjadi sangat powerful jika dipadukan dengan fitur yang ada dalam framework laravel.

2. Twig

Twig juga menjadi sangat popular ketika pengembang PHP framework Symfony mengambil alih pengembangan twig dan memperbaharuinya untuk diterapkan sebagai template engine resmi pada framework symfony. Sebagai template engine, twig tidak hanya berpatokan pada sebuah framework, twig sendiri memiliki sifat berkelanjutan dan bisa berdiri sendiri, jadi template engine twig ini bisa diinstall dengan aplikasi PHP yang berdiri sendiri. Twig juga kaya akan fitur, dapat disesuaikan, didokumentasikan dengan sempurna, dan didukung oleh industri. Komunitas pengembang terang-terangan dengan antusiasme.  Nanti kita akan coba praktekkan cara menginstall twig pada Codeigniter.

Untuk pengembangan lebih lanjut kita bisa bandingkan kedua template engine terbaik diatas, pada artikel laravel selanjutnya kita akan coba membuat template dinamis menggunakan blade. Baiklah teman – teman demikian artikel tentang membuat website dengan template engine terbaik. Semoga bermanfaat

 

14 Agustus 2018

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat