Jenis Virus Komputer Berbahaya Dan Cara Mengatasinya

Virus komputer memang sangat berbahaya pada kinerja komputer, selain dapat membuat lambat virus komputer juga dapat membuat rusak komputer. Oleh karena itu, kalian harus mengetahui jenis virus komputer berbahaya dan cara mengatasinya. Simak baik – baik artikel hari ini.

Pada artikel sebelumnya saya sudah sempat membahas mengenai cara mengatasi virus berbahaya pada komputer, nah di artikel kali ini lanjutan dari artikel sebelumnya. Karena banyak sekali jenis virus pada komputer, berikut ini jenis lain virus komputer yang berbahaya yang perlu kalian ketahui.

Directory Virus

Directory Virus merupakan jenis virus yang dapat menginfeksi file yang berekstensi exe. Sebagian dari kalian mungkin pernah menjalankan sebuah file exe di komputer dan dalam seketika file exe tersebut hilang atau error. Hal tersebut terjadi karena efek dari Directory Virus, jika kalian tidak segera menangani hal tersebut, maka virus mampu merusak semua file exe yang ada pada komputer milikmu. Cara mengatasinya tidak cukup dengan antvirus melainkan kalian harus menginstall ulang sistem operasi komputer.

Worm

Worm merupakan jenis virus yang cukup berbahaya karena mampu bereproduksi atau berkembang biak dengan sangat cepat. Bila kalian membiarkan virus ini bersarang pada komputer, maka kapasitas hardisk akan penuh oleh file – file yang tidak penting (tidak diketahui identitasnya). Cara mengatasinya dengan melakukan Scanning menggunakan antivirus seperti Avast, AVG, Avira, dan lain sebagainya.

Multipartite Virus

Multipartite Virus merupakan jenis virus yang terdiri dari beberapa file yang dapat menginfeksi sistem operasi tertentu pada sebuah perangkat komputer. Biasanya virus ini tersembunyi pada RAM dan Hardisk komputer. Virus ini mampu menginfeksi dengan sangat cepat. Cara mengatasinya dengan melakukan Defrag Hardisk secara teratur menggunakan Disk Defragmenter.

Boot Sector Virus

Boot Sector Virus merupakan jenis virus yang mampu menginfeksi bagian terkecil dari sebuah perangkat komputer yang disebut Disk Boot Sector. Cara bekerja virus ini, yakni saat sistem komputer bekerja, virus ini mampu bergerak kemana pun untuk menginfeksi file yang ada. Cara mengatasinya dengan melakukan Setting Hard Drive ke dalam Write Protect.

Overwrite Virus

Overwrite Virus merupakan jenis virus yang mampu menghapus file atau data yang sudah terinfeksi tanpa mengurangi kapasitas hardisk komputer. Pada dasarnya file yang terinfeksi tersebut akan hilang, tetapi kapasitas hardisk akan tetap normal seolah – olah file tersebut masih ada di dalam direktori. Hal tersebut membuat kalian para pengguna tidak curiga jika ada file yang terhapus di komputer. Cara mengatasinya dengan menghapus file yang terinfeksi sehingga tidak menyebar ke file yang lainnya.

Bagaimana teman – teman kali ini kalian semua sudah mengetahui jenis virus komputer berbahaya dan cara mengatasinya, selamat mencoba dan semoga bermanfaat

22 April 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat