Jenis Jenis Kertas dan Fungsinya

Berbicara tentang design tidak lengkap jika kita tidak berbicara dengan hasil outputnya, Bisa berupa media digital maupun media cetak. Mungkin kalau media digital tidak terlalu beragam Karena memang outputnya hanya dari monitor saja, namun kalau media cetak ini banyak sekali hasilnya.

 

Pada percetakan sendiri selain memang mesin atau alat dan juga tinta untuk mencetak, ada factor lain selain factor manusia yang membuat beragam hasil cetakannya, yaitu media cetakannya atau Kertas. Banyak sekali jenis kerta yang ada di dunia, dari khusus untuk mencetak hingga khusus untuk membuat object.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang kertas kertas yang sering kita temui secara detail dan lengkap berikut dengan fungsi fungsinya. Berikut adalah Jenis Jenis Kertas dan Fungsinya secara lengkap dan mudah diingat :

 

  • Kertas Kalkir

Kertas Kalkir hampir sama dengan kertas HVS yang biasanya dipakai untuk media sablon, namun tidak putih alias lebih gelap dan terlihat transparan seperti kertas habis kena tumpahan minyak.

  • Kertas Duplex (Coated)

Bahan duplex mudah  dibedakan dari  bahan lain, yakni  sisi depan berwarna putih dan  sisi belakang abu-abu.
Jadi,  yang dicetak hanya satu  sisi.  Bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan box karena harganya yang relatif murah dibandingkan bahan lainnya. Gramasi yang umum digunakan 250gr , 270gr , 310gr, 350gr, 400gr.

  • Kertas Art/Matt Paper

Bahan kertas untuk brosur dengan  permukaan yang licin (art)  atau semi doff (matt). Selain licin, produk cetak  yang dihasilkan juga berkualitas bagus karena raster kertas halus. Gramasi yang umum digunakan  100g, 120gr, 150gr.

  • Kertas Ivory

Bahan ivory ini hampir sama seperti art karton. Kedua  sisinya putih, tetapi tidak seputih art karton. Yang membedakan,  art karton kedua  sisinya licin sementara  ivory hanya  satu  sisi yang licin. Hampir sama dengan  cwb,  hanya cwb lebih halus. Bahan ini juga banyak digunakan untuk box cosmetic karena cukup tebal/kokoh. Gramasi yang umum digunakan 210gr, 230gr,250gr,270gr, 300gr,350gr.

  • Kertas HVS

Jenis kertas HVS agak kasar, umumnya digunakan untuk kertas  fotocopy / Printer Deskjet. Kertas jenis ini banyak dijual di toko-toko buku (contoh : kertas paperone, Gold, dsb) dengan gramasi  70gr ,80gr , 100gr. ukuranya ada A4, F4 atau Folio dan ada juga Kertas HVS A3 70 Gr.

  • Art Karton

Bahan kertas ini sama seperti art paper, tetapi  gramasi  lebih tebal. Banyak digunakan untuk produk cetak,  seperti : kartu nama, katalog, co profile,brosur, dan produk cetak lain yang membutuhkan kertas agak tebal. Umumnya setelah di cetak  bahan ini dilaminasi (optional), supaya hasilnya lebih memuaskan.Gramasi yang umum digunakan 190g, 210gr , 230gr , 260gr , 310gr , 360gr.

  • CWb/Duplex Putih

Bahan sama seperti duplex,  hanya  bagian dalam berwarna putih sehingga kelihatan lebih bersih. Banyak digunakan untuk box makanan. Gramasi yang umum digunakan 230gr, 250gr, 300gr.

  • Samson Kraft

Berwarna coklat muda, merupakan  bahan hasil  daur ulang,  dan permukaannya kasar.
Umumnya digunakan untuk kertas bungkus, namun karena memberi kesan klasik, bahan ini banyak digunakan untuk pembuatan paperbag dan  handtag (khususnya untuk distro jeans). Karena warna dasarnya coklat, umumnya dicetak 1-2 warna saja. Gramasi yang umum digunakan 150gr, 220gr (karton).

  • Corugated (Gelombang)

Sesuai namanya, corugated merupakan karton yang bagian dalamnya bergelombang antara lain digunakan sebagai  box mi instan.  Jika dicetak, box ini umumnya ditempel lagi dengan menggunakan  dupl. ex, kraft atau hvs. Jadi  jika hendak dicetak fullcolor, pencetakan dilakukan pada bahan lain kemudian  ditempel. Ketebalan  bahan ini dikategorikan menjadi B flute (gelombang besar ) dan  E flute (gelombang kecil).

  • Bw/BC/Linen Jepang/ Concord

Kertas ini bertekstur, biasanya digunakan untuk kop surat / sertifikat. Terdapat dalam  berbagai warna. Gramasi yang tersedia umumnya hanya 1 macam, misalnya 220gr-250gr.

  • Jasmine

Bahan jasmine ini banyak digunakan untuk membuat undangan pernikahan. kertasnya agak gliter-gliter.  tersedia berbagai pilihan warna. Gramasinya umumnya cuma 2 ukuran tipis dan tebal.

  • Fancy Paper
    Jenis kertas dengan beragam warna dan karakteristik. Umum digunakan untuk membuat undangan. Ada banyak jenisnya seperti millennium, jasmine, java emboss, Hawaii dan lain-lain. Gramaturnya juga cukup beragam mulai dari 80 gr, 100 gr, 220 gr, 300 gr.
  • Yellow Board
    Jenis kertas ini cukup tebal, biasa digunakan untuk rangka dalam suatu undangan hard cover. Kertas ini tidak bisa dicetak offset, biasanya dilapis dengan art paper atau dupleks. Kertas ini dibedakan berdasarkan ketebalannya, biasanya disebut YB 30 dan YB 40.
  •  

Jenis kertas yang satu ini sudah kita ketahui untuk membuat seni lipat kertas yang dibudayakan oleh negara Jepang.

Itulah beberapa Jenis Jenis Kertas dan Fungsinya secara lengkap dan mudah diingat. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Semoga bermanfaat

4 Juli 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat