Jenis-jenis Drawing Pad

Drawing tablet atau pen tablet adalah salah satu Tools atau perangkat yang sangat diperlukan dalam Industri Creative, khususnya Design Graphic, Arsitektur, 3D modeling dan Lainnya. Kali ini saya akan sedikit membantu anda dalam menentukan tablet yang paling sesuai untuk anda. Ada beberapa merk Pen tablet yang beredar di Indonesia, Antara lain :

 

Wacom :

Jenis-jenis Drawing Pad

Vendor ini adalah salah satu merk Drawing tablet atau pen tablet yang paling terpercaya dan disukai banyak kalangan. Dan wacom memang produk spesialisasi dalam Produksi Drawing pad / pen tablet . Banyak yang mengakui keunggulan dari produk wacom. Terutama karena material penyusun produk yang sangat kuat dan bagus. serta perangkat yang di instal oleh perancangnya begitu dinamis, dan sangat update dengan banyak software Design. Seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, sampai CorelDraw. Dengan wacom, kita sangat mudah mengatur Pressure atau tingkat tekanan, untuk disesuaikan dengan selera si pengguna.

 

Pertama Wacom telah mengeluarkan Series ‘Bamboo’ yang kini lebih dikenal dengan Wacom Intuos 4 , Kemudian Mulai mengembangkan dengan mengeluarkan produk series baru, dan selanjutnya disusul edisi paling keren adalah Wacom Cintiq . Masing-masing series pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya, jangan asal Pilih. sesuaikan saja dengan kebutuhan anda.

 

Genius :

Jenis-jenis Drawing Pad

Genius pen tablet sebenarnya cukup mudah dan user friendly juga. Fasilitas yang di berikan tidak beda jauh dengan Wacom. Bahkan dengan Series paling dasar Genius tablet, kita sudah bisa dapat dan merasakan sensasi Wacom Intuos 5. dengan Fasilitas pressure yg lebih besar dari wacom bamboo atau Intuos 4, yaitu : 2048 Pressure Levels .

 

menurut saya, Genius pen tablet sangat cocok dijadikan Opsi yang sangat tepat untuk anda yang sekedar ingin belajar menggunakan drawing tablet, atau sekedar coba-coba. Karena harganya tergolong sangat murah untuk sekelas pen tablet. Pen tablet dengan harga murah ini, sudah pasti ada kelemahannya. Yaitu terletak dari materialnya, ya kamu tau alesannya kenapa materialnya tidak kuat dan mudah rusak. Karena itu tadi, harganya murah. tapi tenang aja. Pokoknya sangat cocok buat pemula.

 

XP- Pen Tablet :

Jenis-jenis Drawing Pad

Ini adalah pendatang baru dari vendor Graphic Tablet. Hampir tidak beda jauh dengan Genius pad. Tapi masih kurang lentur pressurenya. Tapi cocok untuk menggambar Style manga atau anime , khususnya vector. Tapi kalo untuk desainer kelas menengah keatas saya saranin tidak menggunakan ini. Harganya relatif lebih murah dibawah harga genius pad.

 

Beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum menggunakan Pen Tablet, pertama perlu diketahui bahwa menggambar dengan pen tablet akan sangat berbeda rasanya dengan menggambar di kertas. Ya jadi, Sangat penting melatih skill menggambar manual, Yang membedakan pen tablet dengan Mouse adalah, pen tablet dapat bekerja menyerupai Brush atau memiliki tekanan yang disesuaikan disebut pressure. Nah jadi bisa kyk pensil gitu. Kalo di tekennya pelan ya tipis, kalo ditekannya kenceng ya akan tebel. itu kalo kamu menggunakan tool brush contohnya.

 

Jadi sekarang silahkan tentukan pilihan anda, kira kira Drawing Pad mana yang paling cocok dengan anda. Tetap nantikan artikel-artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com. sampai jumpa dan terimakasih J

8 September 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat