Halaman Romawi dan Angka pada Satu File Indesign

10/04/2017    Raditya Noveraldo    3113     Desain

Adobe Indesign ini masih sama seperti Photoshop, sama sama buatan perusahaan Adobe, Tampilannya kurang lebih juga sama, hanya berbeda dari tujuan hasil designnya. Adobe Indesign ini memang khusus untuk layouting, seperti majalah, e-book, sampai buku.

 

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kekalian sebuah tips dan trik yang mungkin masih jarang diketahui oleh designer lainnya. Artikel kali ini kita akan membahas Bagaimana Cara Membuat Halaman Romawi dan Angka pada Sebuah File di Adobe Illustrator dengan lengkap dan mudah.

 

Tapi sebelumnya baca dahulu artikel dibawah ini untuk lebih mengerti cara membuat halaman romawi pada Adobe Indesign dengan cepat dan lengkap :

 

Membuat Halaman Angka Romawi Di Indesign

 

Dijelaskan untuk membuat penomoran halaman di Adobe Indesign kalian harus menggunakan Master Page, dan juga kalian harus membuat text yang nanti jadinya digunakan sebagai nomor halaman dengan cara mengklik Type > Insert Special Character > Marker > Current Page Number Atau dengan Shortcut Ctrl + Shift + Alt + N.

 

Setelah paham pembuatan penomorannya Adobe Indesign kalian bisa combine tampilannya, karena sebenernya secara default tampilan penomoran halaman di Adobe Indesign hanya terdiri dari satu jenis saja.

 

Berikut adalah Bagaimana Cara Membuat Halaman Romawi dan Angka pada Sebuah File di Adobe Illustrator dengan lengkap dan mudah.

 

Pertama-tama buatlah terlebih dahulu sejumlah halaman di Adobe Indesign lalu silahkan berikan nomor halaman sesuai dengan yang sudah dijelaskan pada link diatas. Pada contoh saya membuat 10 halaman dengan sudah berangka romawi.

Halaman Romawi dan Angka pada Satu File Indesign

Kemudian tentukan halaman yang akan dijadikan angka biasa lagi, pada contoh saya mulai dari halaman 5 hingga halaman ke 10, kemudian seleksi page yang dijadikan awal pada contoh halaman 5 lalu klik kanan dan pilih Numbering and Section Option pada pagenya maka akan muncul windows seperti berikut :

Halaman Romawi dan Angka pada Satu File Indesign

Atur seperti gambar diatas, pilih Start Page Numbering at itu untuk memulai angkanya, biasanya 1, jika kalian tidak pilih maka akan memulai angka sesuai halaman ke berapa kemudian pilih stylenya juga, ada beberapa style yang ada, kalian nantinya juga bisa combine style pada penomoran halamannya. Hingga hasil akhirnya akan seperti berikut :

Halaman Romawi dan Angka pada Satu File Indesign

Gimana mudah bukan untuk Membuat Halaman Romawi dan Angka pada Sebuah File di Adobe Illustrator dengan lengkap dan mudah. Tetap nantikan artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Terimakasih :).

Indesign

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More