Gradient Map di Photoshop

Editing foto mungkin sudah terhitung bagian wajib untuk diketahui oleh semua orang di era modern ini seperti pengguna social media yang akan mengupload foto fotonya untuk di bagikan kepada teman temanya.

 

Makin maraknya aplikasi editing foto tapi tidak dengan software besutan Adobe yang satu ini yaitu Adobe Photoshop. Siapa yang tidak kenal dengan software yang satu ini, sudah amat terkenal sekali dan memberikan editing foto yang lebih advance seperti manupulasi foto dan pemberian efek warna.

 

Pada Adobe Photoshop terdapat banyak cara untuk memberikan efek warna terhadap foto, salah satunya yang akan kita pelajari ini yaitu bagaimana cara menggunakan Gradient Map di Adobe Photoshop secara mudah dan cepat.

 

Gradient map pada Adobe Photoshop ini berguna untuk menambahkan efek pengubah warna asli foto menjadi sebuah gradasi yang sudah kita buat. Sehingga foto akan berubah menjadi lebih  menarik lagi. Berikut adalah penjelasannya :

 

Pertama tama bukalah software Adobe Photoshopnya terlebih dahulu kemudian pilih File > Open lalu pilih foto yang kalian ingin edit. Pada contoh saya menggunakan foto ini :

Gradient Map di Photoshop

Kemudian untuk memunculkan Gradient Map di photoshop kalian klik Image > Adjustments > Gradient Map maka akan muncul windows seperti berikut :

Gradient Map di Photoshop

Pada windows tersebut terdapa pengaturan pemilihan gradientnya dan untuk optionnya juga seperti:

  • Dither : jika kalian centang akan mengurangi efek noise pada gradasi.
  • Reverse : jika kalian centang akan mengubah arah gradasinya menjadi sebaliknya.

Dan ada pemilihan gradasi, selain ada pililhan default dari photoshop kalian juga bisa ubah atau pun buat sendiri gradasi yang baru.

Gradient Map di Photoshop

Kalian bisa mengubah ubahnya dan untuk type dari gradasinya Cuma ada solid dan noise saja, jadi tidak bisa diubah menjadi radial ataupun jenis gradasi yg lainnya. Sehingga dengan gradasi tersebut maka hasil akhirnya akan seperti berikut :

Gradient Map di Photoshop

Gimana mudah bukan untuk cara menggunakan Gradient Map di Adobe Photoshop secara mudah dan cepat. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih :).

8 Maret 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat