Fungsi Tilde Pada Keyboard di Adobe Illustrator

06/12/2020    Indah Puspitasari    274     Desain

Keyboard komputer adalah perangkat sejenis mesin tik yang menggunakan susunan tombol atau kunci untuk bertindak sebagai tuas mekanis atau sakelar elektronik. Mengganti kartu berlubang awal dan teknologi pita kertas, interaksi melalui keyboard gaya teleprinter telah menjadi metode masukan utama untuk komputer sejak tahun 1970-an, dilengkapi dengan mouse komputer sejak tahun 1980-an.

Tombol keyboard (tombol) biasanya memiliki serangkaian karakter yang diukir atau dicetak di atasnya, dan setiap penekanan tombol biasanya sesuai dengan satu simbol tertulis. Namun, untuk menghasilkan beberapa simbol mungkin memerlukan menekan dan menahan beberapa tombol secara bersamaan atau berurutan. Meskipun sebagian besar tombol keyboard menghasilkan huruf, angka, atau simbol (karakter), tombol lain atau penekanan tombol secara bersamaan dapat meminta komputer untuk menjalankan perintah sistem, seperti kombinasi Control-Alt-Delete yang digunakan dengan Microsoft Windows.Dalam komputer modern, interpretasi penekanan tombol umumnya diserahkan kepada perangkat lunak: informasi yang dikirim ke komputer, kode pindai, hanya memberitahu tombol mana (atau tombol) di baris dan kolom mana, yang ditekan atau dilepaskan. Nah keyboard ini adalah salah satu komponen terpenting yang dapat membantu kita dalam mendesain. Namun apakah teman - teman tahu fungsi keyboard apa saja yang dapat membantu dan memudahkan dalam hal mendesain? Contohnya keyboard Tilde. Penasaran apa fungsi tombol tilde untuk desain? Yuk langsung saja yah.

Pertama disini saya akan menggunakan garis untuk objeknya, yang dibuat dengan menggunakan Line Segment Tool.

Fungsi-Tilde-Pada-Keyboard-di-Adobe-Illustrator-061220-indah-01

Sambil kita gerakan mouse pada artboard jangan lupa tombol Tilde pada keyboard harus sambil ditekan juga saat bersamaan yah. Nah ini dia hasilnya jika kita menggunakan garis sebagai objeknya.

Fungsi-Tilde-Pada-Keyboard-di-Adobe-Illustrator-061220-indah-02

Tidak hanya garis saja, semua shape tool yang ada di Adobe Illustrator bisa kita buat seperti ini. Contohnya rectangle ini.

Fungsi-Tilde-Pada-Keyboard-di-Adobe-Illustrator-061220-indah-03

Dan yang ini spiral. Perlu teman - teman ketahui kita pun bisa mengubah warnanya secara sekaligus atau satu persatu yah. Itu bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan teman - teman.

Fungsi-Tilde-Pada-Keyboard-di-Adobe-Illustrator-061220-indah-04

Bagaimana teman - teman mudah bukan caranya. Dan ini belum banyak yangmengetahui loh bahkan para desainer yang sudah ternama pun belum tentu mengetahui teknik ini. Semoga artikel ini bermanfaat yah, sehingga menambah ilmu tentang desain teman - teman. Selamat mencoba dirumah dan sampai jumpa pada artikel yang selanjutnya. 

Desain Grafis

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More