Fungsi dari Meta Charset UTF-8 pada HTML

Hallo teman-teman, apa kabarnya hari ini, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang apa fungsi sebenarnya dari meta charset utf-8 pada html. Jika kalian menggunakan dreamweaver, kalian pasti akan melihat tag yang bertuliskan <meta charset=”UTF-8”>

utf-8-dreamweaver

Pertama-tama, kita harus mengetahui dahulu apa fungsi tag meta itu sendiri.

Meta tag sendiri adalah rangkaian kode HTML yang biasa digunakan untuk mempermudah Google dan browser untuk mengidentifikasi seluruh konten yang ada dalam website tersebut.

Sekarang mari kita bahas tentang apa maksud dari Charset UTF-8?

Universal Character Set, atau yang umum disebut sebagai Charset adalah kumpulan dari beberapa jenis pengkodean karakter baik huruf, angka, symbol, dll. Untuk untuk saat ini pengkodean UTF-8 telah menjadi standarisasi untuk pengkodean dalam system operasi, bahasa pemrograman, API, dan software.

 

KESIMPULAN

Pada saat membuat satu halaman website dengan memberikan tag <meta charset=”UTF-8”> berarti halaman tersebut telah memberi informasi terhadap browser dan search engine untukmelakukan pengkodean karakter sesuai ketentuan UTF-8.

Baiklah teman-teman, demikian artikel hari ini tentang fungsi dari meta charset UTF 8 pada HTML. Semoga bermanfaat

21 Oktober 2015

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat