Fitur Baru Di Bootstrap Pada Versi 5.3.2 di 2024

Beberapa fitur baru yang diperkenalkan dalam Bootstrap 5 antara lain:
  1. Icon SVG: Komponen ikon Bootstrap diperkenalkan pada versi Bootstrap 5. Sebelumnya, Bootstrap menggunakan Glyphicons, tetapi di Bootstrap 5, mereka beralih ke SVG Icons yang dihadirkan dalam paket terpisah yang dikenal sebagai "Bootstrap Icons". Ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan ikon-ikon yang lebih modern, skala-able, dan mudah disesuaikan dengan ukuran yang berbeda tanpa kehilangan kualitas gambar.
  2. Utility API: Menyediakan kelas-kelas utilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengontrol tata letak, tampilan, dan responsivitas tanpa perlu menulis kustom CSS tambahan.
  3. Dropping jQuery Dependence: Bootstrap 5 menghilangkan ketergantungan pada jQuery, sehingga lebih ringan dan memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikan dengan library JavaScript modern.
  4. Enhanced Grid System: Menambahkan kemampuan untuk mengatur kolom yang lebih fleksibel dengan penambahan fitur seperti "gutters" (celah antar kolom) yang dapat disesuaikan dan pengaturan lebar kolom yang lebih dinamis.
  5. Opt-in Customization: Bootstrap 5 memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan build mereka secara langsung melalui Sass, memungkinkan mereka untuk memilih komponen yang ingin mereka sertakan dalam build mereka.
  6. Updated Components: Banyak komponen yang telah diperbarui dan ditingkatkan, termasuk kartu (cards), formulir, navbar, modals, dan lainnya.
  7. Dropped IE 10 & 11 Support: Bootstrap 5 tidak lagi mendukung Internet Explorer versi 10 dan 11, yang memungkinkan lebih banyak kemampuan dan penggunaan fitur-fitur modern tanpa memikirkan kompatibilitas dengan browser yang sudah usang. Ini hanya beberapa perubahan utama yang diperkenalkan dalam Bootstrap 5. Perubahan-perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas, kinerja, dan kemampuan pengguna untuk menyesuaikan framework sesuai kebutuhan mereka.
Jika Kita mengacu pada halaman https://blog.getbootstrap.com/2023/09/14/bootstrap-5-3-2 maka berikut ini adalah kesimpulan perubahannya:
Bootstrap versi 5.3.2 telah menyempurnakan beberapa bug yang ada, meningkatkan kemudahan dan kelengkapan dari sisi dokumentasi, dan peningkatan lanjutan untuk mode warna.
Saat ini Bootstrap memiliki Discord dan dikelola oleh Komunitasnya:
Fitur Baru Di Bootstrap Pada Versi 5.3.2 di 2024
Klik link berikut untuk bergabung: https://discord.com/invite/bZUvakRU3M

BONUS: Belajar 100% Praktek Color Modes di Bootstrap 5.3.2

Bootstrap mendukung dua jenis mode warna utama: mode light dan dark. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengubah tampilan elemen-elemen antarmuka pengguna antara latar belakang terang atau gelap sesuai kebutuhan desain Anda.
Mode light memberikan latar belakang yang terang dengan teks gelap, sedangkan mode dark memberikan latar belakang yang gelap dengan teks yang lebih terang untuk kontras yang optimal.
Anda dapat menerapkan mode-mode ini ke elemen-elemen seperti navbar, card, button, dan lainnya dalam proyek Bootstrap Anda dengan mudah menggunakan kelas-kelas yang telah ditentukan dalam kerangka kerja ini.
28 Januari 2024

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat