Feather Selections pada Photoshop

Feather dari Selections tools pada Photoshop adalah bertujuan untuk memperhalus tepian gambar atau objek yang telah kita seleksi, karena jika feather diisi dengan 0px maka tepaiannya akan terlihat bergerigi. berbeda dengan jika feathernya kita berikan sekian px maka hasil dari seleksian kita akan diperhalus sesuai dengan jumlah px yang kita berikan.

Cara seleksi ini memang biasanya digunakan untuk menggabungkan 2 buah foto agar terlihat lebih nyata, dan Tools ini sering juga digunakan saat menyeleksi suatu object atau foto agar tepiannya seperti blur ataupun biasanya tools ini digunakan untuk membuat efek vignette.

berikut adalah hasil dari foto yang diberi efek vignette dengan Feather Selection Tools :

foto sebelum diberi efek :

(Anda bisa menggunakan foto yang sama seperti tutorial kali ini maupun menggunakan foto yang anda miliki.)

 

Berikut tutorial Feather Selections pada Photoshop:

Pertama kalian langsung open atau buka gambarnya pada photoshop dengan cara klik File > Open dan cari gambar yang kalian inginkan.

Langkah selanjutnya adalah kita menyeleksi gambarnya menggunakan selesction tools yang ada, tapi pada kesempatan ini saya hanya akan mencontohkan menyeleksi menggunakan Elliptical Marrquee Tool. Dan ingat untuk langsung mengisi jumlah pixel pada kolom field dari si Feathernya, Kemudian langsung kita seleksi gambarnya, contoh seperti berikut :

Jika sudah, langkah selanjutnya adalah meng-inverse dari seleksi yang sudah anda buat dengan cara pilih menu Select > Inverse atau juga bisa dengan menekan sortcut CTRL + Shift + I pada windows atau jika anda pengguna Mac OS anda dapat menekan tombol Command + Shift + I. maka hasilnya akan sebagai berikut :

inverse merupakan cara untuk membalik seleksian di photoshop sehingga akan terseleksi terbaliknya dari bentuk yg kita buat.Selanjutnya tinggal buat layer baru dan pada layer baru itu kita beri warna sesuai dengan seleksi yang sudah kita buat tadi, maka hasil akhirnya akan seperti ini :

gimana, mudah bukan untuk tutorial kali ini. tetap nantikan tutorial-tutorial selanjutnya di DumetSchool. semoga tutorial kali ini dapat membantu menambah pengetahuan seputar photoshop. terimakasih dan semoga bermanfaat :)

8 Juni 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat