Fact Check, Google Tahu Berita Hoax Atau Asli

Hallo teman-teman, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah informasi bagi kalian yang suka baca berita melalui google news. Beberapa waktu lalu, google meluncurkan fitur baru pada halaman pencarian News. Fitur tersebut bernama Fact Check.

Fact check ini terlihat seperti label pada berita tertentu.  Label ini berfungsi untuk menandai suatu artikel sebagai fakta yang sudah diklarifikasi, sehingga pembaca dapat mengetahui bahwa berita tersebut benar atau palsu (hoax).

Label Fact Check muncul pada berita tertentu baik itu melalui browser di desktop maupun di aplikasi android dan iOS

Untuk saat ini label Fact Check masih hanya bisa dilihat pengguna dari Amerika Serikat dan Inggris.

Dengan menggunakan data ClaimReview dari Schema.org google melakukan klarifikasi tentang latar belakang berita yang ada apakah itu benar atau hanya berita fiksi.

Google juga telah memberikan kriteria untuk membuat sebuah artikel dapat disebut layak mendapat label Fact Check atau tidak

Baiklah teman-teman, kita tunggu saja sampai fitur Fact Check ini dapat digunakan di indonesia ya. Sepertinya akan menarik untuk disimak kelanjutan perkembangan fitur ini.

17 Oktober 2016

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat