Envelope Distort pada Adobe Illustrator

Halo semuanya kembali lagi bersama saya di artikel artikel menarik lainnya yang hanya di dumetschool.com saja. Kali ini kita akan membahas sebuah feature yang mungkin dikalangan para designer muda masih belum mengetahuinya khususnya pada software Adobe Illustrator.

Bagi designer siapa yang tidak mengenal software Adobe Illustrator. Software satu ini adalah andalan dari pembuatan object object unik yang berbasis vector, sehingga tak jarang designer harus bisa mengoprasikan software satu ini.

Tapi tahukah kalian terdapat feature Envelope Distort pada Adobe Illustrator ? jika tidak, maka pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kepada kalian tentang apa itu Envelope Distort pada Adobe Illustrator secara detail dan mudah.

Envelope Distort merupakan feature pada Adobe Illustrator untuk men-distort atau dengan kata lain me re-shape object dari bentuk yang awal menjadi baru. Berikut adalah cara menggunakan Envelope Distort pada Adobe Illustrator dengan cepat dan mudah :

Pertama-tama kalian buatlah sebuah file baru dengan ukuran bebas terserah kalian karena kali ini ukuran canvas tidak mempengaruhi dari desain kemudian kalian buatlah sebuah shape, coba lah membuat shape yg unik contoh seperti star saja.

Envelope Distort pada Adobe Illustrator

Pada Adobe Illustrator terdapat 3 jenis Envelope Distort yaitu Warp, Mesh dan Make Top Object. Tapi pada tutorial kali ini kita akan membahas Make With Mesh saja.

Untuk menggunakan Envelope Distort pada Adobe Illustrator dengan cepat dan mudah, adalah dengan seleksi objectnya kemudian klik menu Object > Envelope Distort > Make With Mesh atau dengan cara shortcut Alt + Ctrl + M. maka akan muncul window seperti berikut :

Envelope Distort pada Adobe Illustrator

Dimana nanti akan ada option mengatur jumlah rows dan coloum sehingga akan terlihat seperti di gambar yang tadi.

Kemudian untuk men-distort-kan objectnya kalian perlu menggunakan Direct Selection Tools kemudian geser geser kolom, rowsnya ataupun geser titik-titik anchornya. Sehingga nanti kita dapat menghasilakn object dengan bentuk baru contohnya seperti berikut:

Envelope Distort pada Adobe Illustrator

Gimana setelah kalian mengetahui Envelope Distort pada Adobe Illustrator dengan cepat dan mudah jadi lebih mnegeti bukan.

Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimkasih :).

16 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat