Distro Linux postmarketOS untuk Smartphone

Kekuatan utama dari sistem operasi berbasis Linux adalah kemampuan mereka untuk berjalan di berbagai perangkat, mulai dari komputer lama hingga komputer generasi terbaru. Pengembang kernel linux bekerja lebuh keras agar perangkat kita tetap bernafas meski sudah tua. Pada artikel yang lalu juga dumetschool telah membahas tentang Alasan OS Linux Sangat Direkomendasikan Diinstall Pada PC.

Hal itu juga yang membawa saya pada pertanyaan  Mengapa tidak banyak pilihan sistem operasi Linux yang tersedia untuk smartphone? Perangat dan system operasi seluler paling utama didominasi oleh Android dan iOS, dengan Android yang dapat di nikmati kehadirannya di berbagai perangkat. Tapi, pada permasalahan update software, tentu berbagai macam perangkat akan mengalami hal yang sama, yaitu dicabutnya dukungan update software ketika perangkat sudah berusia 2 atau 3 tahun. Untuk itulah pengembang linux mencoba menghidupkan system opearsi linux agar perangkat smartphone lama masih bisa mendapatkan pembaruan software

 

Apa itu postmarketOS

postmarketOS didasarkan pada distro Alpine Linux, yang merupakan distro Linux yang berorientasi pada keamanan dan ringan. Alpine Linux membutuhkan 5-6MB untuk instalasi dasar. postmarketOS memiliki tujuan untuk menghadirkan siklus hidup sepuluh tahun untuk smartphone, sehingga mereka dapat terus menerima pembaruan.

postmarketOS, yang dikembangkan oleh Oliver Smith, tidak membatasi pengguna ke satu antarmuka pengguna. Pengguna dapat meminta berbagai antarmuka seperti GNOME, Xfce, KDE, dll.

Kita semua tahu bahwa Android yang melakukan proses update perlu mengumpulkan seluruh basis kode untuk setiap perangkat dan versi Android. Sementara alternatif seperti LineageOS juga ada, namun mereka pasti mengikuti jadwal rilis androd  dari Google. Hal ini tentu menjadi masalah karena membatasi pengembang dalam menambahkan update custom.

Untuk membawa dukungan ke sejumlah besar perangkat dengan mengizinkan semua perangkat berbagi paket umum - hanya satu paket yang unik. Pada tahap pertama, versi pengembangan postmarketOS yang dibuat pertama kali ditujukan untuk perangkat Samsung galaxy SII dan Google Nexus 4 dan sampai saat ini daftar perangkat semakin bertambah. Baiklah teman-teman, demikian artikel kali ini yang membahas tentang Distro Linux postmarketOS untuk smartphone, semoga dapat menambah wawasan kalian.

 

 

9 Oktober 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Kursus Postgre SQL Database Developer Terbaik 2024 di Jakarta
chat