Dampak Buruk Bagi Laptop Panas dan Berdebu serta Cara Mencegahnya

20/05/2017    Alfiana Irsyada Salma    3222     Teknologi

Sebagian dari kalian para pengguna laptop pasti pernah mengalami overheat atau panas berlebihan. Hal tersebut membuat aktivitas kalian terganggu dan hardware akan mudah rusak karena tidak dapat menanggung suhu yang ekstrim. Selain itu, debu juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop panas. Pada artikel kali ini kalian perlu mengetahui dampak buruk bagi laptop panas dan berdebu.

Debu memiliki ukuran yang sangat kecil sehingga mudah sekali terhirup oleh kipas laptop saat sedang bekerja. Namun, perlu kalian tahu bahwa berjalannya waktu debu terus menempel pada kipas laptop dan semakin membanyak, menumpuk di sela – sela kipas, diatas heatsink, bahkan bisa menyumbat lubang ventilasi sehingga dapat berdampak buruk pada pendinginan laptop, membuat pendinginan laptop tidak berjalan dengan normal. Banyaknya debu yang dihirup oleh kipas pada laptop akan mengakibatkan suhu prosesor meningkat. Jadi, sebaiknya kalian sering – sering membersihkan kipas laptop minimal seminggu 1x.

Jika kalian membiarkan debu terus menumpuk maka akan terjadi masalah terhadap hardware. Salah satunya ialah terjadi Overheat, jika kalian membiarkan debu bersarang, kipas prosesor tidak dapat bekerja secara optimal dan prosesor akan mudah sekali panas. Sebaiknya hindari overheat untuk menghindari hal yang lebih buruk terjadi pada hardware dikemudian hari. Jika hal tersebut dibiarkan, bisa merambat pada hardware seperti hardisk dan RAM akan mudah error hingga rusak. Oleh karena itu, kalian perlu mengetahui dampak buruk bagi laptop panas dan berdebu. Jika kalian ingin mengetahui perubahan suhu terhadap masing – masing laptop bisa menggunakan aplikasi “Speedfan”.

Solusi

Bila casing pada laptop mudah kalian lepas, hal tersebut sangat menguntungkan kalian, karena kalian bisa dengan mudah membersihkan debu – debu yang menempel pada kipas dan motherboard. Untuk membersihkannya kalian memerlukan lap kering, pada bagian sela – sela kipas gunakan semprotan angin (Compressed Air) supaya debu mudah terlepas. Gunakanlah semprotan air dengan hati – hati, jangan sampai membuat kipas tertiup terlalu kencang, karena dapat membuat dinamo bawahnya rusak, jadi lakukanlah secara perlahan.

Bagi kalian yang casing laptopnya sulit untuk dibuka, bisa menggunakan Compressed Air. Kalian hanya perlu menembakkan udara melalui ventilasi di sisi laptop supaya membuka celah udara yang tersumbat. Namun, kalian perlu kerja ekstra untuk mengeluarkan debu yang terkumpul di sana, karena space yang tersedia sangat sempit.

Bagi kalian yang kesulitan mencari Compressed Air, bisa menemukannya di toko perkakas terdekat seperti Ace Hardware dan lain sebagainya atau kalian bisa menggunakan compressed air untuk kendaraan bermotor. Namun, jika kalian menggunakan compressed air untuk kendaraan bermotor harus lebih berhati – hati karena lebih beresiko.

Jadi bagi teman – teman yang sudah mengetahui dampak buruk bagi laptop panas dan berdebu, segera tindak lanjuti laptop kalian sebelum terjadi hal buruk dikemudian hari. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Social Media, Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, website, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More