Contour Option pada Text Wrap Indesign

13/05/2017    Raditya Noveraldo    1064     Desain

Mungkin masih banyak diantara kalian yang masih kesulitan untuk membuat design ataupun menggunakan software Adobe yang satu ini yaitu Adobe Indesign. Software buatan Adobe ini memang bisa dibilang jarang tersentuh oleh para designer muda. Software ini memang cuma untuk menata tampilan ataupun layouting belaka, tapi banyak hal penting yang dapat membantu untuk membuat design kalian makin baik.

Contoh yang penting adalah seperti mengatur text, pada artikel sebelumnya juga saya sudah jelaskan tentang Option Text Warp pada Adobe Indesign kalian bisa cek kembali. Karena untuk materi atau penjelasan pada artikel ini saya akan membahas tentang salah satu Option Text Wrap pada Adobe Indesign secara lebih detail.

Baca juga :

Option Text Warp pada Adobe Indesign

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang Contour Option pada Text Wrap di Adobe Indesign secara lengkap dan mudah hanya di dumetschool.com saja.

Contour Option ini adalah salah satu option text wrap yang aktif ketika kita menggunakan Wrap Around Object Shape saja. Dimana fungsinya adalah untuk menentukan garis bentuk sesuai dengan object gambarnya. Jika kalian menggunakan foto usahakan ektensinya .png agar lebih mudah.

Sehingga jika kita menggunakan Contour Option pada Text Wrap kita text yang tadinya akan menghindar berbentuk persegi, kini bisa lebih rapi dengan berbentuk sesuai dengan gambar foto maupun objectnya.

Contour Option pada Text Wrap Indesign

Ada beberapa pilihan dari Contour Option pada Text Wrap di Adobe Indesign seperti :

  • Bounding Box

Text wrap akan berbentuk rectangle sesuai lebar dan tinggi frame yang dibuat.

  • Detect Edges.

Akan otomatis membuat text menghindar dengan bentuk tergantung dari object denga mendeteksinya otomatis (usahakan menggunakan gambar .png).

  • Alpha Channel

Akan otomatis membuat text menghindar dengan bentuk tergantung Alpha Channel yang tersimpan pada gambar (jika tidak aktif option ini berarti tidak ada Alpha Channel pada gambar tersebut).

  • Photoshop Path

Akan membuat text menghindar dengan bentuk tergantung dengan garis Path yang sudah dibuat pada Photoshop, jadi sebelum di place di indesign kalian seleksi terlebih dahulu dengan path pada Photoshop (jika tidak aktif option ini berarti tidak ada path yang tersimpan pada gambar tersebut).

  • Graphic Frame

Akan membuat text wrap sesuai dengan frame yang ada.

  • Same As Clipping

Akan membuat text wrap susai dengan garis path yang di import.

Hingga hasil akhirnya kalian bisa membuat text yang menghindar seperti berikut ini :

Contour Option pada Text Wrap Indesign

Gimana mudah bukan untuk Contour Option pada Text Wrap di Adobe Indesign secara lengkap dan mudah ini. Tetap nantikan artikel artikel menarik lainnya seputar graphic design maupun website hanya di dumetschool.com saja. Selamat mencoba dan terimakasih :).

Indesign

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More

Belajar Membuat Website dari Nol

Pelajarannya mudah dipahami, orang awampun pasti bisa.

Learn More