Cara Tidak Terbebani Ketika Sedang Bekerja Sambil Kuliah

16/03/2017    Dwi Rachmawati    2198    Artikel Bebas

Ada beberapa pekerja yang bekerja sambil kuliah dengan alasan ingin mendapatkan gelar tinggi agar bisa naik jabatan, untuk bisa melamar pekerjaan di tempat lain yang lebih “waw” atau ada yang hanya ingin dipandang saja. Bagi beberapa pekerja yang bekerja sambil kuliah tentu ini melelahkan. Mahasiswa kelas karyawan ini biasanya akan lebih memprioritaskan pekerjaan kantor dibandingkan dengan kuliahnya.

Kenapa demikian? Karena bekerja sambil kuliah berbeda dengan kuliah sambil bekerja. Nah loh. Ngerti nggak? Kalau bekerja sambil kuliah berarti dia menghasilkan uang untuk bisa kuliah dan harus benar-benar bisa memastikan pekerjaannya selesai 100% baru bisa menuntut ilmu. Berbanding terbalik dengan kuliah sambil bekerja. Mahasiswa reguler biasanya akan menjadi “part time” / “free lancer” yang memanfaatkan waktu senggangnya untuk mengumpulkan uang tambahan. Mereka akan memprioritaskan tugas kuliah dibandingkan pekerjaan mereka.

Susah bagi waktu? Memang! Kerja kelompok yang tugasnya banyak banget? Pasti! Deadline kantor sedangkan tugas kampus pun ikut-ikutan deadline? Ho-oh! Pusing nggak? Kadang iya, maunya nikah aja *loh. Gimana sih caranya supaya kita sebagai “mahasiswa karyawan” atau “mahasiswa reguler” tidak terbebani? Simak ya :

1. Maksimalkan Waktu

Waktu adalah uang atau time is money. Benar! Semua orang punya 24 jam dalam sehari, tidak mungkin Albert Einstein punya waktu 50 jam sehari ya. Contoh lah beberapa orang sukses yang bisa mendapatkan banyak ilmu dalam waktu hanya sehari. Dia bisa, masa saya nggak?! Misalnya kalian bisa menggunakan 8 jam waktu kerja, 4 jam untuk belajar, beberapa jam untuk mengerjakan tugas kantor atau tugas kuliah dan sisanya santai/tidur. Gunakan se-produktif mungkin.

2. Hangout Bersama Teman

Jangan lupa untuk melakukan hal-hal gila bersama teman. Tentu dengan penatnya kerjaan atau tugas kuliah akan membuat kalian suntuk, refreshing juga diperlukan untuk membuat pikiran menjadi fresh. Jangan terlalu sering dan juga jangan terlalu jarang yang sedang-sedang saja he-he.

3. Buat Prioritas

Jika banyak tugas di kampus dan juga banyak tugas di kantor buatlah sebuah prioritas. Mana yang harus didahulukan, pastinya kamu sendiri yang tau mana yang harus selesai duluan karena saya tidak tau tugas kamu apa ha-ha-ha. Biasanya saya lebih mementingkan kantor terlebih dahulu karena saya adalah mahasiswa karyawan yang kalau mengerjakan tugas kampus selalu mepet *jangan ditiru ya*. Dengan menciptakan prioritas kalian akan bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan tidak sia-sia.

Jangan terlalu banyak mengeluh ya, sob! Karena masih banyak orang yang ingin kuliah diluar sana atau ada yang ingin bekerja di luar sana tapi tidak bisa. Kita sebagai manusia yang multifungsi (soalnya kan bisa kuliah bisa kerja juga) harus terus semangat. Niatkan untuk Allah dan untuk mencari ilmu supaya semuanya tidak ada yang sia-sia. Semoga berkah ya he-he-he.

Semoga bermanfaat! smiley

No data.

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow