Cara Terbaik Saat Mengisi Ulang Baterai Smartphone

21/01/2017    Alfiana Irsyada Salma    981     Teknologi

Smartphone memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, mulai dari teknologi kamera yang menjadikannya daya tarik para pembeli, hingga daya baterai pada smartphone yang menjadi komponen paling penting. Para pengguna smartphone sangat membutuhkan baterai yang tahan lama supaya bisa bertahan saat moment – moment penting dan berharga. Oleh sebab itu, jika kalian ingin menjaga daya tahan baterai sebaiknya kalian ketahui cara terbaik saat mengisi ulang baterai smartphone.

Karena baterai pada smartphone merupakan komponen paling penting, maka dari itu kalian harus tetap menjaga daya tahan baterai, kalian harus mengetahui waktu terbaik saat mengisi ulang baterai agar tidak terjadi pemborosan daya kerja baterai. Memang saat ini sudah banyak tersedia powerbank untuk memudahkan kita mengisi ulang baterai ketika low, namun perlu kalian ketahui bila kita terlalu sering mengisi daya baterai akan merusak kualitas baterai itu sendiri. Simak artikel berikut ini mengenai cara terbaik saat mengisi ulang baterai smartphone.

Ketika Baterai Smartphone Tersisa Daya 10%

Mengisi ulang daya baterai smartphone tidak hanya soal memasangkan kabel charger dari sumber daya ke port USB, melainkan kalian harus mengetahui cara men-charger yang benar, termasuk waktu terbaik saat melakukan charger. Cara terbaik saat mengisi ulang baterai smartphone yang pertama ialah ketika baterai smartphone tersisa daya 10%. Pada saat 10% baterai smartphone akan menuju habis, sehingga mampu menampung daya berkekuatan tinggi sekaligus untuk membuat proses isi ulang agar lebih cepat terisi penuh.

Sebaiknya kalian hindari mengisi ulang daya baterai smartphone ketika benar – benar habis 0%, karena hal tersebut akan membuat baterai smartphone terisi daya lebih lama dan sia – sia men-charger jika baterai masih terisi penuh. Bila diibaratkan seperti ketika kamu sedang lapar, saat dalam keadaan sangat lapar, kamu akan makan dengan lahap dan cepat, namun ketika kamu sedang kenyang, makan pun jadi lambat, bahkan bisa membuat kamu menjadi kekenyangan dan menghambat aktivitas. Begitu pun sama halnya dengan smartphone, bila kamu paksakan untuk mengisi daya saat daya 0%.

Ketika Pagi Hari

Cara terbaik selanjutnya ialah ketika pagi hari setelah bangun tidur. Mengisi daya baterai smartphone pada malam hari memang lebih banyak dilakukan para pengguna, namun perlu kalian ketahui bahwa mengisi daya smartphone saat malam hari dan meninggalkannya saat tidur hanya akan membuat smartphone Overcharging hingga bisa membuat daya smartphone berumur pendek, mudah rusak, dan bisa terjadi kebocoran.

Alasan mengapa kita harus men-charger baterai smatphone ketika pagi hari karena kalian bisa men-charger smartphone sambil melakukan aktivitas lainnya seperti mandi, menikmati sarapan sebelum menuju tempat kerja, atau sebelum berangkat ke kampus, dan lain sebagainya tanpa kalian khawatir akan terjadinya Overcharging. Selain itu, kalian juga bisa fokus menikmati waktu pagi hari dan sebelum berangkat ke luar rumah baterai sudah terisi penuh daya.

Sesuai Kebutuhan

Jika kalian mengisi ulang daya baterai smartphone terlalu sering akan membuat siklus baterai smartphone mudah habis, sebaiknya kalian isi daya baterai sesuai dengan kebutuhan, misalnya saat baterai tersisa 10% seperti pada penjelasan cara pertama. Jika kalian mengisi daya mulai dari 10% hingga 100% hal tersebut dihitung 1 siklus. Begitu juga jika kamu mengisi ulang daya baterai mulai dari 60% hingga 100% tetap dihitung 1 siklus. Hal tersebut tidak efisien, karena rata – rata baterai smartphone hanya memiliki 500 – 1.000 kali siklus baterai.

Jadi, bagaimana nih teman – teman masih ingin sembarangan mengisi daya smartphone? Mulai saat ini sebaiknya kalian terapkan cara terbaik saat mengisi ulang baterai smartphone supaya baterai tahan lama, berumur panjang, dan tidak mudah bocor. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Social Media, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More