Cara Optimalisasi Gambar Pada Mesin Pencari Part 2

Cara Optimalisasi Gambar Pada Mesin Pencari Part2 – Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas mengenai cara optimalisasi gambar pada mesin pencari. Nah kali ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai cara optimalisasi gambar pada mesin pencari. Yuk langsung saja disimak teman-teman wink

1. Caption

Caption adalah teks yang menyertai sebuah gambar. Jika kamu lihat gambar pada sebuah artikel, biasanya kamu akan melihat teks atau caption dari masing-masing gambar. Caption sangatlah penting dalam optimalisasi gambar pada mesin pencari. Para pembaca artikel biasanya melihat judul dan subjudul . Namun beberapa diantara para pembaca cenderung untuk melihat cepat sebuah gambar dan melihat caption yang ada. Riset membuktikan bahwa caption pda gambar dibaca tiga ratus persen lebih banyak daripada teks artikel itu sendiri. Jadi gunakanlah caption dengan optimal.

2. Alt Text dan Title Text

Alt Text adalah informasi yang ditambahkan pada sebuah gambar. Alt Text akan muncul bila gambar tidak dapat ditampilkan kepada para pembaca di dalam sebuah halaman web. Keberadaan alt text tidak kalah pentingnya, karena dengan adanya alt text informasi yang ada pada gambar tersebut tetap dapat dinikmati oleh pembaca. Masukanlah keywordke dalam alt text.

Title text adalah sebuah tulisan yang biasa kamu lihat ketika kamu mengarahkan pointer mouse ke gambar. Title text dapat membantu para pembaca untuk mengetahui informasi tambahan lainnya tentang gambar yang disediakan tersebut.

3. XML Image Sitemap

Tambahkan gambar pada sitemap XML, dengan begitu kamu akan membantu mesin pencari dalam melakukan indexing terhadap gambar yang ada. Sitemap bukan hanya ditujukan untuk halaman-halaman yang ada di dalam website saja. Tetapi juga untuk mengoptimasi gambar pada mesin pencari, karena gambar pun perlu melakukan sitemap.

Beberapa diantara kalian pasti ada yang penasaran bagaimana caranya Google dapat memindai berjuta-juta gambar yang ada di internet dan menyajikannya dengan akurat pada Google Images. Google mengenali gambar dari metadata dan nama file gambar, Google juga mengenali relevansi sebuah gambar dari situs gambar itu berasal. Selain itu alt text dan title text juga sangat membantu google dalam mengidentifikasi sebuah gambar.

Nah itu lah beberapa cara optimalisasi gambar pada mesin pencari. Semoga bermanfaat teman-teman.

22 Juli 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat