Cara Optimalisasi Gambar Pada Mesin Pencari

22/07/2017    Zulfa Itsna Rufaida    1441    Artikel Bebas

Cara Optimalisasi Gambar Pada Mesin Pencari – Optimalisasi gambar pada mesin pencari adalah cara untuk memaksimalkan potensi blog atau websitemu. Supaya artikelmu lebih menarik, tentunya kita harus melengkapinya dengan gambar. Gambar yang kalian pasang ini nantinya akan berkontribusi terhadap nilai SEO atau Search Engine Optimization. Namun, gambar yang belum di optimalisasi akan menyebabkan lambatnya waktu akses pengguna. Apakah kalian sudah tahu bagaimana cara optimalisasi gambar pada mesin pencari? Nah, bagi yang belum tahu silahkan disimak berikut ini.

1. Pilih gambar yang sesuai

Kalian membutuhkan gambar yang sesuai dengan topik artikel. Kalian bisa menggunakan gambar yang kalian buat sendiri atau mencari gambar yang sesuai dengan menggunakan bantuan penyedia foto seperti shutterstock. Namun layanan tersebut tidaklah gratis. Jika kalian tidak memiliki uang untuk menggunakan layanan tersebut, kalian bisa menggunakan alternatif lain secara gratis. Contoh layanan gratis yang bisa kalian lakukan yaitu mencari gambar dengan menggunakan kata kunci yang sesuai dengan artikel yang kalian buat pada situs Pexels. Jika kalian mencari gambar dari Google Images, kalian harus berhati-hati karena bisa saja gambar tersebut dilindungi oleh hak cipta. Tentunya kamu tidak mau kan melanggar hak cipta orang lain dengan artikel yang kamu buat?

2. Penggunaan nama file

Supaya google dapat mengetahui kriteria gambar yang kamu gunakan, kamu harus menghindari penggunaan nama file seperti IMG_22071.JPG. Penggunaan nama file yang tepat contohnya seperti cara-pengoptimalisasi-gambar-pada-mesin-pencari.jpg atau contoh lainnya, yang penting penggunaan nama file tersebut menggunakan keyword yang sesuai.

3. Dimensi gambar

Kecepatan browser adalah hal yang harus diprioritaskan dalam memuat halaman web. Semakin cepat sebuah halaman diakses, maka semakin mudah pula mesin pencari dalam melakukan indexing. Dimensi gambar memiliki dampak yang besar terhadap waktu yang dibutuhkan browser untuk memuat halaman web. Jangan menggunakan gambar dengan resolusi yang besar jika kamu hanya menampilkannya dalam ukuran thumbnail.

4. Kurangi ukuran file gambar

Kurangi ukuran file gambar namun tetap menjaga kualitasnya. Banyak tool yang bisa kalian pakai seperti JPEGMini, Kraken.io, PunyPNG atau Image Optim. Setelah kalian menggunakan salah satu tools tersebut, kalian bisa menggunakan tools seperti Yslow untuk mengecek apakah optimalisasi gambar berhasil atau malah sebaliknya.

Itulah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk optimalisasi gambar pada mesin pencari. Semoga bermanfaat teman-teman ;)

Browser, Artikel, website

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow