Cara Mudah Merawat Power Bank

15/04/2017    Alfiana Irsyada Salma    730     Teknologi

Banyaknya pengguna smartphone yang membutuhkan baterai tambahan ketika daya baterai melemah, maka para vendor menyediakan power bank guna untuk menambah daya smartphone tanpa mencari sambungan listrik. Namun, banyak orang tidak memperhatikan power bank harus tetap dijaga supaya bertahan lama dan tetap terjaga kualitasnya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mudah merawat power bank agar awet dan bertahan lama fungsinya.

Jangan Sering Isi Ulang

Sama hal nya seperti smartphone, power bank harus diisi ulang daya agar bisa digunakan. Power bank juga memiliki daya layaknya smartphone, yakni Li – Ion (Lithium – Ion) atau Li – Po (Lithium – Polimer) kalian bisa melihatnya pada permukaan power bank. Pada power bank Li-Ion memiliki siklus hidup 500 kali isi ulang, sedangkan pada Li-Po memiliki siklus hingga 1000 kali isi ulang. Jadi, jangan sampai power bank selalu diisi daya hingga mencapai siklus maksimal. Usahakan jangan terlalu sering mengisi daya power bank.

Usahakan Isi Daya Power Bank Saat Mulai Low

Mengisi ulang daya power bank sebaiknya disaat indikatornya menunjukkan tanda low, saat indikator menunjukkan sisa 1 LED, jangan mengisi daya saat power bank menunjukkan indikator lampu 2 LED dan hindari mengisi daya power bank hingga kehabisan daya sama sekali, karena akan membuat kalian kesulitan saat sedang membutuhkannya.

Hindari Over Charging Pada Power Bank

Semua pemilik gadget pasti sering membiarkan gadget nya over charging. Padahal hal tersebut membuat gadget mudah rusak. Jika kalian sering men-charger power bank sampai ditinggal tidur, sebaiknya membeli adapter listrik yang dilengkapi dengan fitur timer untuk menghindari over charging.

Hindari Menggunakan Smartphone Saat Mengisi Daya Dengan Power Bank

Supaya smartphone dan power bank awet sebaiknya hindari menggunakan smartphone saat sedang di charger dengan power bank, karena hal tersebut akan membuat arus listrik yang dikeluarkan jadi tidak stabil. Berbahaya pada smartphone dan dapat membuat baterai power bank menjadi mudah bocor.

Hindari Tempat Panas

Ketika sedang menggunakan power bank hindari tempat panas guna untuk menghindari terjadinya panas pada power bank. Karena permukaan pada power bank sendiri akan mengeluarkan panas saat sedang digunakan, bila disimpan pada tempat panas akan membuat tidak adanya sirkulasi udara yang menjadikan power bank menyimpan panas berlebihan, dan berdampak pada permukaan power bank yang menjadi cepat kusam.

Hindari Benturan

Meskipun power bank sudah didesain dengan bodi metal, namun tidak dirancang untuk tahan benturan. Komponen seperti baterai dan permukaan output power bank bisa kendor jika sering terbentur, dan dapat menjadi tidak berguna lagi.

Usahakan Mencuci Power Bank

Jika power bank kalian sudah terlihat butek, dekil, dan lain sebagainya sebaiknya luangkan waktu sesekali untuk mencuci permukaan power bank perlaha – lahan. Cara mencucinya supaya tidak merusak komponen di dalamnya dengan cara, menggunakan busa yang dihasilkan dari cairan pencuci piring (merk apapun), kemudian usapkan dengan spon atau sikat gigi, dan hindari busa merembes ke bagian output.

Bagaimana teman – teman cara mudah merawat power bank dapat dengan mudah kalian terapkan, bukan? Dengan begitu power bank akan terjaga kualitasnya dan tampil tidak kusam. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Social Media, Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, website, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More