Cara Mudah Menghemat Kuota Internet

12/04/2017    Alfiana Irsyada Salma    1114     Teknologi

Pada zaman sekarang ini, dimana zaman yang serba teknologi, manusia memiliki tambahan kebutuhan pokok, yakni paket data atau kuota internet. Salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki setiap manusia saat ini ialah internet. Sehingga banyak orang yang boros membuang uang untuk membeli paket data. Pada artikel kali ini akan dibahas bagaimana cara mudah menghemat kuota internet supaya kantong irit.

Kuota internet sangat dibutuhkan setiap orang terutama bagi mereka yang ingin selalu terhubung dengan media sosial, browsing mencari informasi – informasi penting, dan masih banyak peran penting lainnya yang membutuhkan kuota internet. Dengan kehadiran jaringan cepat dari 4G LTE menjadi salah satu solusi untuk para pengguna internet. Meskipun menawarkan koneksi internet yang lebih cepat, namun para pengguna harus tetap waspada dengan pemakaian data internetnya. Semakin cepat internetnya semakin boros kouta yang kalian keluarkan. Berikut ini ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kalian hemat dalam menggunakan kuota internet.

Opera Max

Bagi kalian yang suka melakukan aktivitas browsing, namun khawatir kuota internet cepat habis, aplikasi yang satu ini cocok kalian unduh, yakni Aplikasi Opera Max. Aplikasi tersebut akan menghemat penggunaan internet hingga 50%, baik itu menggunakan data seluler atau WiFi. Cara kerja aplikasi tersebut sangat sederhana, Opera Max akan membuang Cookie serta pemblokiran iklan yang memungkinkan penggunaan data yang lebih hemat.

Chrome Browser

Aplikasi selanjutnya ialah Chrome Browser, aplikasi ini tidak hanya untuk mempercepat proses jelajah, melainkan mampu menghemat penggunaan data hingga 50%. Di dalam aplikasi Chrome Browser memiliki sebuah fitur, yakni Data Saver, dimana fitur tersebut akan menyimpan penggunaan Cookies atau semua data – data saat kamu sedang menjelajah internet, sehingga proses loading maupun penggunaan data akan lebih cepat dan hemat.

Video Downloader for Instagram

Bagi kalian yang suka media sosial Instagram, aplikasi ini cocok untuk kalian unduh. Aplikasi Video Downloader for Instagram bisa kalian unduh untuk menghemat kuota internet saat sedang menjelajahi Instagram. Sesuai dengan namanya, aplikasi Video Downloader akan memudahkan kalian dalam mengunduh sebuah video di beranda Instagram untuk disimpan pada ponsel, kalian tidak perlu lagi memutar video yang sama secara berulang – ulang. Kalian bisa memutarnya kapan pun tanpa khawatir kuota internet habis.

My Data Manager

Aplikasi yang satu ini buatan dari Mobidia Technology, aplikasi ini akan membantu kalian dalam melacak pemakaian data seluler secara spesifik. Cara kerjanya cukup sederhana, aplikasi My Data Manager akan mendeteksi aplikasi apa saja yang memakan penggunaan data paling besar. Selain itu, aplikasi penghemat kuota ini juga dilengkapi dengan fitur Alarm, dimana alarm tersebut akan mengingatkanmu saat kuota data internet membengkak atau berlebihan. Sangat cocok bagi kalian yang suka boros dalam penggunaan kuota internet.

App Saver

Aplikasi App Saver merupakan sebuah aplikasi yang dirancang khusus untuk kebutuhan pengguna Android dalam melakukan Backup pada aplikasi tertentu. Aplikasi buatan Android Rockers ini memiliki fungsi untuk membackup aplikasi (Apk) saja, tidak untuk data – data yang ada pada aplikasi itu. Aplikasi App Saver bisa kalian butuhkan apabila sewaktu – waktu kalian ingin mengganti smartphone, jadi kalian tidak perlu mendownload aplikasi yang sama lagi, hanya perlu membackup aplikasi yang kalian butuhkan untuk disimpan ke penyimpanan eksternal agar sewaktu – waktu dibutuhkan kembali.

Bagaimana teman – teman cara mudah menghemat kuota internet dengan bantuan aplikasi sangat mudah dan bisa kalian lakukan, bukan? Pada artikel selanjutnya ada beberapa aplikasi lagi yang bisa kalian pilih untuk menghemat penggunaan kuota internet. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Social Media, Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, website, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More