Cara Mudah Menghapus Virus Shortcut Di Flashdisk

09/03/2017    Alfiana Irsyada Salma    12245     Teknologi

Seperti yang kalian ketahui bahwa flashdisk merupakan salah satu benda yang sangat penting jika dilihat dari sisi fungsinya sebagai media penyimpanan portable yang mudah untuk dibawa kemana – mana. Flashdisk memiliki bentuk dan ukuran yang kecil, namun memiliki kapasitas penyimpanan yang beragam mulai dari 2 GB hingga 1 TB. Sayangnya, ada beberapa flashdisk yang rentan terkena virus saat dipindahkan dari komputer satu ke komputer lainnya, ketika flashdisk terkena virus akan susah sekali diperbaiki. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mudah menghapus virus shortcut di flashdisk.

Salah satu virus bandel yang menyerang flashdisk ialah “Virus Shortcut”. Jenis virus ini bisa menyerang semua folder yang ada di dalam flashdisk. Saat flashdisk kalian terserang virus ini, jangan lakukan klik pada folder karena akan menjangkit ke komputer atau laptop yang sedang kamu gunakan. Sebenarnya, virus shortcut bisa kita hapus langsung dari komputer tanpa antivirus. Berikut ini beberapa cara menghapus virus shortcut pada flashdisk.

Pertama, colokkan flashdisk yang terkena Virus Shortcut pada komputer atau laptop

Kedua, buka Command Prompt. Caranya, klik Star – ketik tulisan CMD – tekan Enter pada keyboard. Setelah itu akan muncul kotak dialog

Ketiga, setelah itu kalian lihatlah posisi flashdisk yang terkena virus shortcut berada pada drive mana. Misalnya pada Drive E / Removable Disk (E). Nantinya kalian akan melihat seberapa banyak virus pada flashdisk tersebut.

Keempat, kembali lagi pada Command Prompt, ketik tulisan E: kemudian enter, jika drive flashdisk yang terkena virus terdeteksi drive G, maka kalian tulis pada command prompt G:, begitupun selanjutnya tergantung pada flashdisk yang terdeteksi virus

Kelima, ketik tulisan (attrib-s-h-r*.*/s/d) kemudian enter

Tunggulah beberapa saat hingga proses loading selesai. Setelah selesai akan muncul file dan folder yang disembunyikan oleh virus. Jika kalian ingin menghapus virusnya langsung ketik (del*.Ink*.smp*.tmp*.exe*.dll) pada command prompt kemudian tekan enter pada keyboard. Tunggu proses loading kemudian akan muncul panah berwarna pink yang menandakan proses berhasil.

Bagaimana teman – teman mudah untuk dilakukan? Jika kalian belum berhasil, mungkin ada beberapa langkah yang terlewatkan. Begitulah cara mudah menghapus virus shortcut pada flashdisk. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Social Media, Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More