Cara Mudah Menghapus Virus Dan Malware Pada Smartphone

27/05/2017    Alfiana Irsyada Salma    1014     Teknologi

Tahukah kalian bahwa Android sangat rentan terhadap serangan virus dan malware, karena sistem operasi Android menggunakan Open Source. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan diberitahukan cara mudah menghapus virus dan malware pada smartphone. Namun, sebelum mengetahui cara – caranya kalian perlu mengetahui tanda – tanda smartphone terjangkit virus, seperti berikut ini:

  • Muncul iklan Pop – Up yang tidak jelas dan mengganggu
  • Sering mengirim atau menerima SMS aneh
  • Baterai smartphone terasa lebih boros dari biasanya
  • Smartphone menjadi lambat, padahal RAM masih luas dan sedikit aplikasi yang digunakan
  • Kouta cepat habis
  • Waktu Booting lebih lama dari biasanya

Setelah mengetahui tanda – tanda smartphone terjangkit virus dan malware, kini saatnya kalian mengetahu cara mudah menghapus virus dan malware pada smartphone.

Gunakan Fitur Keamanan Pada Smartphone

Biasanya ada beberapa smartphone yang sudah dibekali dengan fitur keamanan khusus, seperti smartphone Asus dan Xiaomi yang dibekali dengan Security atau Mobile Manager. Fitur tersebut mendukung antivirus bawaan smartphone yang sangat efektif untuk memindai dan menghapus virus smartphone.

Masuk Safe Mode

Jika kalian tidak ingin membayar aplikasi antivirus, kalian bisa menggunakan safe mode. Fitur safe mode hanya akan efektif bila smartphone benar – benar terinfeksi virus dan malware. Cara masuk safe mode berbeda – beda setiap perangkat, untuk lebih mudahnya bisa dengan bantuan aplikasi Quick Reboot. Ketika kalian sudah masuk ke safe mode, kalian bisa mencari daftar aplikasi yang mencurigakan yang tidak pernah kalian install di menu settings – aplications, kemudian hapus aplikasi tersebut.

Membeli Antivirus

Jika kalian ingin memiliki smartphone dengan RAM dan memori internal yang luas, kalian perlu menambahkan antivirus, jika smartphone kalian memiliki kapasitas RAM 2 GB, sebaiknya beli aplikasi antivirus. Karena, jika kalian mengunduh aplikasi antivirus gratisan pastinya fitur yang tersedia terbatas. Unlock semua fitur dengan membeli aplikasi resmi, jangan download dari sumber lain yang tidak terpercaya, yang dapat menyebabkan smartphone kalian tidak aman. Belilah yang terpercaya supaya smartphone aman.

Bagaimana teman – teman cara mudah menghapus virus dan malware pada smartphone sangat mudah kalian lakukan, bukan? Pastikan smartphone kalian aman terhindar dari virus dan malware yang berbahaya karena pastinya ada data penting yang harus kalian selamatkan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Browser, Software, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, website, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More