Cara Mudah Mengetahui Kapasitas RAM Smartphone

Banyak sekali faktor ketika seseorang membeli smartphone baru, salah satunya ialah kapasitas RAM yang ditawarkan oleh para vendor smartphone. Bagi sebagian orang saat membeli smartphone harus benar – benar teliti terutama pada jenis sistem operasi yang terdapat di dalamnya hingga kapasitas RAM yang tinggi atau rendah. RAM atau Random Access Memory yang berfungsi untuk menjalankan beragam jenis perintah aplikasi yang sedang dijalankan, menjadi sorotan banyak orang saat memilih smartphone. Perlu kalian ketahui berapa sih seharusnya RAM yang diperlukan pada smartphone. Berikut ini cara mudah mengetahui kapasitas RAM smartphone.

Memilih besaran kapasitas RAM ketika ingin membeli suatu smartphone, pasti akan muncul beberapa pertanyaan mendasar salah satunya, yakni pertanyaan harus seberapa besar kapasitas RAM yang sebenarnya dibutuhkan oleh smartphone. Apakah dengan besarnya kapasitas RAM membuat kinerja smartphone menjadi lebih baik atau sebaliknya? Berikut ini jawabannya.

Hasil penelitian dari beberapa media dan beberapa bidang produksi di Piriform, yakni perusahaan pengembang aplikasi CCleaner di Android menyatakan bahwa RAM memiliki peran sangat penting bagi smartphone guna untuk mendukung fungsi multitasking dan semakin besar kapasitas RAM dapat membuat smartphone mampu menjalankan lebih banyak aplikasi dan proses kerja lainnya. Jadi bagaimana teman – teman sudah mulai ada gambaran?

Umumnya, semakin besar kapasitas RAM akan membuat kinerja smartphone semakin baik, namun pada kenyataannya kalian perlu mengetahui bahwa smartphone yang dilengkapi dengan kapasitas RAM 4GB sudah sangat cukup untuk penggunaan rata – rata 9 aplikasi per-hari. Selain itu, semakin besar RAM maka akan membawa dampak signifikan pada konsumsi daya baterai yang lebih banyak pula dan tentunya keadaan tersebut akan berpengaruh pada usia pemakaian baterai. Cara mudah mengetahui kapasitas RAM smartphone tentunya kalian sudah ada gambaran sebaiknya memilih smartphone yang berkapasitas RAM tinggi.

Sayangnya, semakin besar kapasitas RAM memiliki dampak negative yakni berakibat buruk pada konsumsi daya baterai. Smartphone yang memiliki kapasitas RAM tinggi baik untuk kinerja smartphone, akan tetapi buruk bagi konsumsi baterai, karena seseorang akan semakin sering menggunakan smartphone sehingga membuat daya baterai mudah habis atau cepat lowbet.

Jadi, perlu dipikirkan kembali bagi kalian yang hobi bermain game yang memakan kapasitas besar, sebaiknya pilihlah kapasitas RAM yang tinggi. Akan tetapi bagi kalian yang membutuhkan smartphone hanya untuk berkomunikasi dan bersosial media cukup memilih smartphone yang berkapasitas standar. Bagaimana teman – teman cara mudah mengetahui kapasitas RAM smartphone dapat kalian pahami, bukan? Selamat memilih dan semoga bermanfaat.

22 Juli 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat