Cara Mudah Mengenali Gadget Palsu

15/04/2017    Alfiana Irsyada Salma    1613    Teknologi

Seperti yang kita ketahui saat ini banyak sekali para pengguna gadget, namun tidak semua pengguna memperhatikan apakah gadget tersebut asli atau palsu. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas mengenai cara mudah mengenali gadget palsu, supaya kalian tidak salah memilih dan berujung penyesalan.

Memilih gadget sesuka hati, baik itu sesuai kebutuhan pengguna atau yang cocok dengan isi kantong memang menjadi pilihan sebagian orang. Kali ini kalian harus lebih cermat dan tepat dalam memilih gadget, agar gadget aman dan bertahan lama untuk digunakan. Banyak orang yang masih bingung membedakan mana gadget asli dan mana yang palsu, kembali lagi ke diri kalian, yakni harus lebih teliti, jangan tergesa – gesa, cari beberapa referensi, dan berikut ini salah satu caranya membedakan gadget asli atau palsu.

Cek Bungkus atau Kemasan Dus

Cara pertama yang dapat kalian lakukan ialah cek produk kemasan (bungkus gadget), biasanya produk gadget yang palsu mengabaikan kondisi kemasan luar (bungkus) sedangkan produk gadget asli sangat memperhatikan kondisi kemasan (bungkus). Produk kemasan asli biasanya memperhatikan bagian jahitan pada plastik yang lurus sempurna dan kualitas cetak huruf yang bagus dan mudah dibaca.

Cek Buku Panduan

Produk gadget asli pastinya memiliki buku panduan yang dijelaskan dengan berbagai bahasa sesuai dengan target penjualannya, minimal terdapat bahasa inggris di dalamnya. Sedangkan pada produk gadget palsu terkesan memburamkan buku panduan dengan isi bahasa yang tidak banyak orang paham, pastinya hal ini sangat jelas kalian perhatikan perbedaannya.

Perhatikan Kondisi Material

Setiap material yang terdapat di dalam dus kemasan pastinya berkualitas baik. Cara mudah mengenali gadget palsu kalian bisa membedakannya dengan mengecek material yang terdapat di dalam dus kemasan. Biasanya bahan yang berkualitas rendah (palsu) berbahan dasar plastik murah dengan kondisi permukaan yang tidak teratur, kalian bisa sangat jelas melihatnya, jika kalian teliti.

Perhatikan Font dan Logo Barang

Pada produk gadget palsu biasanya akan terlihat logo yang tidak jelas dan sangat berbeda dengan aslinya. Misalnya, font yang tertera tidak akan sehalus pada produk gadget asli. Karena pada produk gadget asli semua font, logo, dan simbol – simbol yang tertera memiliki tekstur yang halus, mudah dibaca, dan terkesan tahan lama. Lagi dan lagi kalian harus teliti.

Perhatikan Bagian Charger

Perlu kalian perhatikan pada charger yang asli biasanya akan terlihat bagian yang menjadi pembatas antara bagian plastik dan colokan. Bahan isolasi tersebut digunakan untuk menjamin keselamatan para pengguna, sedangkan pada charger palsu tidak memiliki bagian tersebut. Hal ini sangat mudah dibedakan.

Perhatikan Kabel Charger

Setelah memperhatikan charger, selanjutnya perhatikanlah kabelnya. Hal seperti ini sering sekali ditemui, yakni kabel charger palsu yang memiliki ujung port yang lebih panjang. Warna dan bahan material kabel antara produk yang asli dengan palsu biasanya mudah dikenali jika kalian terliti. Karena kabel yang asli berbahan material yang baik dan logo USB pada port juga dapat dijadikan patokan. Kabel charger asli memiliki logo tampak lebih tenggelam dan tidak akan mudah terhapus.

Bagaimana teman – teman cara mudah mengenali gadget palsu dapat kalian cermati dengan baik, bukan? Jadi, sebaiknya sebelum membeli gadget, kalian bisa memperhatikan cara – cara seperti yang sudah diuraikan diatas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Social Media, Browser, Artikel, Tips dan Trik, Inspirasi, website, IT, Android

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More

Cara Cepat Pintar Membuat Website, Tanpa Perlu Basic IT

Membuat website perusahaan, portal berita, blog, katalog online, dan e-commerce.

Learn More
chatarrow