Cara Mudah Mengatasi Terjadinya Blue Screen

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai penyebab terjadinya blue screen. Bagi sebagian orang mungkin belum mengetahui cara mudah mengatasi terjadinya blue screen baik pada komputer maupun laptop. Oleh karena itu, kini kalian bisa menyimak bersama – sama cara berikut ini:

Lakukan System Restore

Jika kalian mengalami terjadinya blue screen untuk yang pertama kalinya, maka kalian bisa memperbaikinya dengan cara mengembalikan sistem kepada keadaan sebelumnya atau dimana saat masalah blue screen belum terjadi.

Periksa Hardware Komputer

Cara lainnya ialah kalian bisa mencoba memeriksa atau membersihkan hardware komputer. Perhatikan kembali mengenai pemasangan memori RAM yang telah terpasang, serta hardisk dan instalasi hardware lainnya, dan pastikan tidak ada perangkat yang tidak terpasang dengan benar dan longgar.

Bersihkan Dari Virus Dan Malware

Virus atau Malware bisa menyerang sistem windows pada komputer atau laptop, terutama jika komputer atau laptop tidak menggunakan sistem keamanan yang baik, misalnya instalasi anti-virus atau anti-malware pada komputer atau laptop sehingga beberapa kode berbahaya berhasil menyusup sistem kalian, bukan tidak mungkin juga virus akan merusak sistem file atau registry windows kalian. Untuk memperbaiki hal tersebut kalian harus menggunakan anti-virus atau anti-malware, melakukan scanning pada semua file untuk membersihkan dan memperbaiki sistem dari gangguan virus atau malware.

Update Driver

Cara mudah mengatasi terjadinya blue screen selanjutnya ialah driver yang kalian install di komputer atau laptop mungkin sudah usang atau lama digunakan atau terjadi karena file mengalami corrupt (rusak) maka driver yang mengalami konflik dan tidak mendukung lagi sistem windows. Cara mengatasinya kalian harus memperbaharui driver atau mencoba untuk menginstall driver dan kemudian menginstall kembali, dengan cara tersebut kalian dapat memperbaiki file driver yang mengalami corrupt atau rusak.

Install Ulang Windows

Bila cara – cara diatas tidak ada yang berhasil mengatasi blue screen, maka cara terakhir ialah melakukan perbaikan pada Windows, untuk memperbaiki file windows yang bermasalah seperti file registry dan file dukungan windows yang telah rusak atau corrupt. Cara memperbaikinya ialah harus melakukan perbaikan sistem operasi dengan menggunakan CD / DVD atau flashdisk yang berisi file instalasi sistem operasi Windows yang ingin kalian gunakan. Caranya, restart ke pengaturan bios untuk boot lead pertama pada CD / DVD atau flashdisk dari instalasi windows, kemudian pilih perbaikan untuk memperbaiki sistem operasi windows, sehingga file atau jendela sistem registry yang sebelumnya bermasalah akan diperbaiki.

Bagaimana teman – teman sekarang sudah mengetahui iya penyebab terjadinya blue screen dan cara mudah mengatasi terjadinya blue screen. Jadi, bagi teman – teman yang mengalami blue screen segera lakukan tindakan, agar komputer atau laptop kembali normal. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

17 Februari 2017

Webinar Gratis 2024


Selanjutnya Pada Bulan Maret 2024

Sabtu, 09 Maret 2024


10 Bahasa Rekomendasi Untuk Dipelajari di 2024

Python Developer, Data Science, Web Application

Kursus Python Django Web Application 2024 di DUMET School Mini Bootcamp Backend Laravel 11 Bulan Mei 2024 di DUMET School
Webinar Selanjutnya Mei 2024

Minggu, 26 Mei 2024, 09.00-13.00 WIB

(4 Jam Membuat Backend di Laravel 11)

chat